Jadwal Aktivasi Rekening Bantuan PIP 2025, Segera Kunjungi Bank Penerbit Sebelum Tanggal Ini

Selasa 14 Jan 2025, 23:04 WIB
Bantuan PIP diberikan setelah sisw melakukan aktivasi rekening, ini jadwal dan cara. (Sumber: Dok.Kemdikbud)

Bantuan PIP diberikan setelah sisw melakukan aktivasi rekening, ini jadwal dan cara. (Sumber: Dok.Kemdikbud)

POSKOTA.CO.ID - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) memberikan kesempatan kepada penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2025 untuk segera mengaktivasi rekening bantuan yang telah disalurkan.

Bantuan PIP merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu biaya pendidikan bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Program ini memberikan dana bantuan kepada siswa di tingkat SD, SMP, hingga SMA, yang digunakan untuk mendukung biaya pendidikan mereka.

PIP disalurkan melalui rekening bank yang ditunjuk sebagai bank penerbit, yaitu bank BNI (Untuk siswa SD dan SMP), BRI (Untuk siswa SMA) dan BSI (untuk siswa daerah Aceh).

Baca Juga: Cara Cek Status Penerima Bansos Melalui NIK KTP, Cek Selengkapnya di Sini

Kenapa Harus Aktivasi Rekening?

Proses aktivasi rekening sangat penting untuk memastikan dana bantuan PIP dapat disalurkan dengan lancar.

Rekening yang telah diaktivasi memungkinkan siswa untuk menerima dana bantuan karena rekening sudah aktif dan bisa digunakan.

Tanpa aktivasi, dana PIP tidak akan dapat dicairkan atau digunakan untuk keperluan pendidikan siswa.

Baca Juga: Daftar Bansos BPNT Via Aplikasi Cek Bansos, Cek Caranya di Sini dan Raih Saldo Dana Rp400.000 Setiap Tahapnya

Jadwal Aktivasi Rekening PIP 2025

Bagi para penerima Bantuan PIP yang belum mengaktivasi rekening, Kemendikdasmen mengingatkan untuk segera melakukan aktivasi rekening di bank penerbit masing-masing sebelum tanggal 31 Januari 2025.

Batas waktu tersebut merupakan kesempatan terakhir untuk memastikan dana bantuan dapat diterima pada tahun 2025.

Cara Aktivasi Rekening PIP

  • Kunjungi bank penerbit
  • Persiapkan dokumen yang diperlukan seperti KK, Kartu Pelajar, surat pengantar dari sekolah dan dokumen lainnya, konfirmasikan lebih lanjut mengenai persyaratan dokumen ke pihak sekolah
  • Ambil nomor antrian di bank
  • Maju ke meja customer service saat nomor dipanggil dan ikuti proses aktivasinya

Berita Terkait

Langkah Pencairan Dana Bantuan KJP 2025

Selasa 14 Jan 2025, 09:22 WIB
undefined

News Update