POSKOTA.CO.ID - Berapa banyak dari kalian yang belum mendapatkan pekerjaan tetap sampai sekarang? Saat ini mencari pekerjaan memang menjadi hal gampang-gampang sulit terlebih bagi fresh graduate.
Melamar kerja menjadi hal yang kompleks, terlebih banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari skill, bidang yang dikerjakan hingga masalah gaji.
Nah, untuk kalian yang sedang mengalami hal ini, simak artikel ini sampai habis. Berikut ini adalah penyebab sulitnya mencari kerja hingga tips agar cepat mendapatkan pekerjaan.
Tips Mencari Kerja
1. Jangan Hanya Fokus pada Passion
Mungkin istilah "kejar passion" sering kita dengar saat mempertimbangkan untuk mencari kerja. Tapi terkadang fokus pada passion saja bisa jadi bumerang, lho.
Karena realitasnya lapangan pekerjaan saat ini terbatas dan tidak semua passion memiliki banyak peluang kerja.
Terlebih tidak bisa dipungkiri bahwa mengejar karier sesuai passion mungkin tidak langsung menghasilkan pendapatan yang besar.
Mungkin mencari peluang di luar zona nyaman bisa dicoba untuk agar bisa memperbesar peluang diterima kerja yang bisa disesuaikan dengan skill yang Anda miliki.
2. Kembangkan Hard Skill dan Soft Skill
Selain passion, keterampilan teknis (hard skill) dan kemampuan interpersonal (soft skill) sangat berpengaruh dalam proses rekrutmen.
Sehingga memiliki portfolio saat melamar kerja dibutuhkan bahkan penting untuk menunjukkan bahwa kita memiliki keahlian pada bidang yang dilamar.
3. Atur Jadwal dan Prioritas Melamar Kerja
Saat mencari kerja, Anda bisa buat daftar lowongan seperti mencatat posisi, perusahaan, dan tanggal melamar untuk memastikan tidak ada yang terlewat.
4. Terus Upgrade Diri
Kadang sulitnya mendapatkan pekerjaan bukan sepenuhnya salah kemampuan atau background pendidikan. Ada faktor teknis yang sebenarnya bisa diperbaiki seperti pembuatan CV yang menarik.