Ilustrasi fitur bisnis di aplikasi Telegram. (Telegram)

TEKNO

8 Fitur Telegram yang Dapat Membantu Pengguna untuk Mengembangkan Bisnis Online

Kamis 05 Des 2024, 21:20 WIB

POSKOTA.CO.ID - Aplikasi perpesanan Telegram yang sering digunakan untuk berkomunikasi dan dikenal memiliki keamanan tingkat tinggi, kini memiliki fitur bisnis.

Dalam keterangan resminya, Telegram mengumumkan jika setiap pengguna dapat merubah akunnya menjadi akun bisnis dan bisa menggunakan fitur-fitur yang telah disediakan.

Tercatat ada sekitar delapan fitur bisnis yang dapat digunakan oleh pengguna, mulai dari jam buka toko, lokasi, balasan cepat dan lain sebagainya.

Berikut ini penjelasan dari fitur-fitur bisnis Telegram yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengembangkan bisnis online-nya, antara lain:

Jam dan Lokasi

Pengguna akun bisnis dapat menggunakan fitur jam dan lokasi yang berfungsi untuk menunjukkan jam operasional serta menampilkan lokasi bisnis melalui sebuah peta.

Dengan menggunakan fitur ini, pelanggan akan mengetahui di mana lokasi bisnis dijalankan dan melihat jam buka serta tutup tokonya.

Halaman Awal

Saat akun bisnis pengguna diakses oleh pelanggan. Pemilik akun dapat menyesuaikan halaman tokonya.

Biasanya halaman toko menampilkan ruang obrolan kosong, dengan fitur ini memungkinkan untuk menampilkan informasi mengenai produk atau layanan untuk menyambut pelanggan menggunakan karya seni bermerek.

Balasan Cepat

Telegram Business memungkinkan untuk membuat balasan cepat. Fitur ini merupakan pintasan untuk mengirim pesan dengan mendukung beberapa format seperti teks, tautan, stiker, media, dan file.

Ini dapat membantu pengguna dengan cepat mengirimkan informasi yang dibutuhkan pelanggan, semisal jadwal kelas atau PDF yang tertera di menu yang disediakan.

Pesan Ucapan

Fitur ini merupakan otomatisasi chat yang dapat diatur oleh pemilik bisnis sebagai pesan pembuka untuk menyambut pelanggan.

Dengan menggunakan fitur ini, pemilik bisnis akan memastikan jika pelanggan mendapat balasan pesan instan yang berisi informasi penting terkait produk atau sekedar sapaan.

Pemilik bisnis juga dapat menentukan jangka waktu kapan pesan pembuka baru baru akan terkirim lagi.

Pesan Tandang

Pesan ini dapat diatur oleh pemilik akun bisnis sebagai pesan saat pemilik bisnis pergi, sedang libur atau toko akan tutup.

Dengan cara ini pelanggan akan mengetahui kapan mereka mendapat balasan mengenai produk yang ditawarkan.

Selain itu, pemilik akun bisnis juga dapat membuat pembatasan pesan otomatis yang akan dikirim.

Tag untuk Obrolan

Dengan Telegram Business atau Premium, pengguna dapat menambahkan label berwarna ke dalam obrolan dan memberi mereka tanda tag unik berdasarkan folder obrolan.

Fitur ini dapat membantu untuk membedakan pelanggan di daftar obrolan berdasarkan status, kebutuhan atau tingkat prioritas.

Tautan ke Obrolan

Untuk lebih mudah menjangkau pelanggan, pengguna akun bisnis dapat membuat sebuah tautan untuk mengobrol seperti tombol untuk memesan atau melacak pesanan.

Saat tombol tersebut ditekan oleh pelanggan, tautan yang telah dibuat akan langsung membuka obrolan dan memberikan informasi yang disarankan.

Chatbot untuk Bisnis

Pengguna bisnis dapat menghubungkan bot Telegram yang akan memproses dan menjawab pesan atas nama pemilik toko.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengintegrasikan alat dan alur kerja yang ada dengan lancar, atau menambahkan asisten AI untuk mengelola obrolan.

Saat menambahkan chatbot, Anda dapat mengonfigurasi obrolan mana yang dapat diakses bot  atau hanya merespons obrolan baru.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Tags:
telegrambisnis onlinefitur bisnis telegram

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Reporter

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Editor