POSKOTA.CO.ID - Sebagian nasabah gagal bayar (galbay) mungkin mengalami spam telepon dari Debt Collector (DC) pinjaman online (Pinjol) untuk segera melunasi cicilan atau utangnya.
Hal tersebut tentu wajar terjadi, terlebih lagi Anda adalah sebagai nasabah galbay yang baru saja menggunakan jasa pinjol untuk pertama kali.
Biasanya DC Pinjol melakukan spam telepon agar nasabah merasa tertekan dan mencari solusi supaya bisa melunaskan utangnya tersebut.
Cara penagihan tersebut tentu saja tidak bisa dibenarkan seratus persen karena bisa memicu nasabah untuk gali lubang tutup lubang sehingga masalah utang akan semakin menumpuk.
Pada umumnya nasabah melakukan gali lubang tutup lubang dengan cara meminjam uang di paltform pinjol lainnya, bahkan rela dengan bunga lebih tinggi untuk melunasi utang pada jasa sebelumnya.
Nah, hal tersebutlah yang membuat masalah dan tantangan baru bagi nasabah untuk membayar utang yang lebih banyak lagi.
Bahkan, bisa jadi Anda akan ditagih oleh DC pinjol dengan spam telepon kembali sehingga kejadian ini nampak seperti tidak ada solusinya.
Apabila terus menerus mendapatkan panggilan spam dan semakin membuat diri tertekan, Anda tidak perlu panik karena bisa dihadapi dengan beberapa cara berikut ini.
Cara Menghadapi Spam Telepon DC Pinjol
Mengutip kanal YouTube Fintech ID., ada beberapa cara untuk menghadapi spam telepon dari DC pinjol yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.
Berikut cara-cara yang dapat dilakukan oleh nasabah galbay untuk menghadapi spam telepon DC Pinjol:
1. Cukup Angkat Telepon Satu Kali
Cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengangkat telepon dari DC pinjol sebanyak satu kali saja dengan mengatakan bahwa Anda belum mampu membayar utang.