POSKOTA.CO.ID - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menggelar Anugerah Humas Jakarta (AHJ) 2024. Acara bertemakan "Humas Jakarta Berdaya Saing Global", kompetisi bagi insan humas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta ini merupakan upaya mendorong peran humas dalam menjaga citra dan reputasi Jakarta sebagai kota global.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Teguh Setyabudi berharap, Anugerah Humas Jakarta dapat menjadi pemantik semangat bagi insan kehumasan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk dan aksi komunikasi terkait kebijakan-kebijakan yang berdampak baik bagi publik.
“Di era yang dinamis ini, profesionalisme humas dibutuhkan untuk mampu bersaing di lingkup lokal maupun global. Insan humas harus adaptif dengan perkembangan teknologi dan strategi komunikasi modern yang efektif, seraya tetap menjaga nilai-nilai humanis melalui interaksi langsung dengan masyarakat,” kata Teguh di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat pada Kamis, 21 November 2024.
Teguh menilai, kegiatan ini menekankan pentingnya peran humas untuk mendukung Jakarta sebagai kota global, serta memenuhi tuntutan masyarakat akan informasi yang cepat, akurat, dan transparan.
Oleh karena itu, penguatan peran insan humas diperlukan dalam menyampaikan informasi yang kredibel, menangkal segala berita hoaks, melindungi citra positif pemerintah, serta memperkuat kepercayaan publik terhadap pemerintah.
“Saya turut bangga atas 156 karya kehumasan yang menunjukkan konsistensi kerja, orisinalitas serta kesesuaian dengan identitas Kota Jakarta. Selamat kepada Perangkat Daerah, Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berhasil meraih penghargaan. Pencapaian ini merupakan hasil dari komitmen, kreativitas, dan integritas dalam menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.
Ia mengharapkan, acara ini dapat memotivasi seluruh jajaran Perangkat Daerah, UKPD dan BUMD untuk menjadikan Kota Jakarta sebagai teladan bagi daerah lain dalam mengupayakan pengelolaan kehumasan yang unggul dan profesional.
“Harapannya, semangat berkarya harus terus ditingkatkan dalam menghadirkan komunikasi publik yang efektif dan relevan bagi masyarakat,” terangnya.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kominfotik DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko memaparkan, tahun ini merupakan kali ketiga penyelenggaraan Anugerah Humas Jakarta. Kompetisi ini bertujuan menumbuhkan semangat kompetisi positif sekaligus memberikan apresiasi atas karya-karya kehumasan dari Perangkat Daerah, UKPD, serta BUMD.
“AHJ 2024 telah memilih 34 karya dan sosok terbaik di bidang kehumasan dari total 156 karya yang dikumpulkan oleh 56 instansi internal. Kami juga melibatkan dewan juri yang profesional di bidang kehumasan,” ujar Sigit.
Adapun para dewan juri AHJ 2024, yaitu Glory Rosary Oyong, Corporate Communication Director Kompas Gramedia; Fardilla Rachmilliza Astari, Communication Strategist, Wakil Sekretaris Umum Perhumas; dan Galuh Shinta Wardhani Leksono, VP of Marketing and Communication PT Indonesia Indicator. Terdapat tiga kategori karya kehumasan yang dilombakan adalah kategori Media Sosial, Kampanye Komunikasi Publik dan Media Audiovisual serta kategori pilihan juri yaitu Inovasi Karya Kehumasan dan Sosok Humas Inspiratif.
"Atas partisipasi Perangkat Daerah, UKPD dan BUMD dalam kompetisi ini, Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan para finalis Lomba Anugerah Humas Jakarta Tahun 2024,” ungkapnya.
Pemenang AHJ 2024
1. Kategori Media Sosial
Perangkat Daerah
- Juara 1: Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta
- Juara 2: Kota Administrasi Jakarta Selatan
- Juara 3: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta
Unit Kerja Perangkat Daerah
- Juara 1: RSUD Cengkareng
- Juara 2: Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
- Juara 3: Unit Pengelola Teknis Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri Provinsi DKI Jakarta
BUMD
- Juara 1: PT Jakarta Tourisindo (Perseroda) / Jakarta Experience Board
- Juara 2: PT Transportasi Jakarta
- Juara 3: PT MRT Jakarta (Perseroda)
2. Kategori Kampanye Komunikasi Publik
Perangkat Daerah
- Juara 1: Kota Administrasi Jakarta Pusat
- Juara 2: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta
- Juara 3: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta
Unit Kerja Perangkat Daerah
- Juara 1: RSUD Pasar Minggu
- Juara 2: Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Provinsi DKI Jakarta
- Juara 3: Kecamatan Cakung
BUMD
- Juara 1: PT MRT Jakarta (Perseroda) l
- Juara 2: PT Transportasi Jakarta
- Juara 3: PT Pengembangan Jaya Ancol
3. Kategori Media Audiovisual
Perangkat Daerah
- Juara 1: Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta
- Juara 2: Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta
- Juara 3: Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta
Unit Kerja Perangkat Daerah
- Juara 1: RSUD Budhi Asih
- Juara 2: Unit Pelaksana Teknis Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD Provinsi DKI Jakarta
- Juara 3: Unit Pengelola Metrologi Provinsi DKI Jakarta
BUMD
- Juara 1: PT MRT Jakarta
- Juara 2: Perumda PAM Jaya
- Juara 3: PT Transportasi Jakarta
4. Kategori Inovasi Kehumasan
- Juara 1: Kecamatan Cakung
- Juara 2: Kota Administrasi Jakarta Barat
- Juara 3: Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta
5. Kategori Sosok Humas Inspiratif
- Juara 1: Suprapto – Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
- Juara 2: Farida Eka Putri – RSUD Pasar Minggu
- Juara 3: Fadlan Miftahudin – Unit Pengelola Mitrologi Provinsi DKI Jakarta
6. Juara Umum
- PT MRT Jakarta (Perseroda). (Ril)
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.