POSKOTA.CO.ID - BPJS Kesehatan hadir aktif dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60 yang digelar selama tiga hari, 6-8 November 2024. Dalam kegiatan ini, BPJS Kesehatan menyediakan layanan informasi, pembaruan data kepesertaan, hingga pendaftaran berobat online melalui aplikasi Mobile JKN.
Layanan tersebut disambut antusias oleh masyarakat yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan solusi mudah dalam akses kesehatan.
Kegiatan ini menjadi ajang BPJS Kesehatan untuk mendekatkan diri kepada peserta sekaligus mensosialisasikan kemudahan teknologi dalam layanan kesehatan.
Ribuan peserta memadati booth BPJS Kesehatan setiap harinya untuk berkonsultasi langsung dengan petugas terkait berbagai permasalahan layanan kesehatan. Selain itu, layanan ini juga membantu peserta dalam memahami fitur-fitur Mobile JKN yang dinilai sangat bermanfaat.
"Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk memberikan kemudahan akses kepada peserta. Melalui aplikasi Mobile JKN, peserta tidak perlu lagi repot mendaftar berobat secara langsung. Semuanya bisa dilakukan dari ponsel, mulai dari memilih FKTP (fasilitas kesehatan tingkat pertama) hingga FRTL (fasilitas rujukan tingkat lanjutan)," ujar Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jakarta Pusat, Diah.
Antusiasme pengunjung tidak hanya terlihat dari jumlah peserta yang hadir, tetapi juga dari berbagai pertanyaan seputar manfaat aplikasi Mobile JKN.
Selama kegiatan, tim BPJS Kesehatan turut memandu peserta yang ingin langsung mencoba fitur pendaftaran berobat di FKTP dan FRTL secara online, pembaruan data, dan pengecekan status kepesertaan.
Hal ini membuktikan tingginya minat masyarakat terhadap solusi digital yang dihadirkan BPJS Kesehatan.
"Dulu saya sering bingung soal pendaftaran ke rumah sakit. Dengan adanya aplikasi ini, semuanya jadi lebih mudah. Petugas di sini juga sangat membantu, jadi saya merasa terbantu memahami fitur-fitur aplikasinya,” kata Laila, salah satu peserta kegiatan.
Selain layanan teknologi, BPJS Kesehatan juga memanfaatkan momen ini untuk memberikan edukasi kepada peserta mengenai pentingnya memastikan data kepesertaan selalu diperbarui.
Banyak peserta yang memanfaatkan kesempatan untuk memperbaiki data mereka di tempat. Tidak sedikit pula yang akhirnya menyadari manfaat aplikasi Mobile JKN sebagai solusi untuk menghemat waktu dan tenaga dalam mengakses layanan kesehatan.