Sudah Daftar Bansos Tapi Tidak Ada Respon? Begini Solusi yang Bisa Dilakukan Calon KPM

Minggu 17 Nov 2024, 20:49 WIB
Solusi yang Bisa Dilakukan Calon KPM ketika mengalami permasalahan saat daftar bansos di aplikasi Cek Bansos. (kemensos.go.id)

Solusi yang Bisa Dilakukan Calon KPM ketika mengalami permasalahan saat daftar bansos di aplikasi Cek Bansos. (kemensos.go.id)

POSKOTA.CO.ID - Pendaftaran Bantuan Sosial melalui Aplikasi Cek Bansos menjadi cara yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses bantuan dari Pemerintah. 

Melalui aplikasi Cek Bansos, masyarakat bisa mengajukan diri menjadi penerima bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Namun, meskipun prosesnya terbilang mudah, masih banyak permasalahan yang sering dihadapi oleh penerima manfaat setelah melakukan daftar bansos.

Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah keterlambatan respons meski calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah melakukan pendaftaran, bahkan sudah disurvei.

Lantas, apa yang bisa dilakukan calon KPM jika permasalahan ini terjadi?

Solusi Bagi Calon KPM yang Sudah Daftar Bansos tapi Masih Belum Ada Kabar

Bagi yang sudah mendaftar melalui aplikasi Cek Bansos atau secara langsung ke kelurahan/desa, tapi tidak mendapatkan kepastian setelah disurvei, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan, melansir dari kanal Youtube Karin Febrianti Valentin.

1. Konfirmasi ke Dinas Sosial (Dinsos) atau Kelurahan Setempat

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan persetujuan berbeda-beda, tergantung penilaian kelurahan dan Dinsos di daerah Anda. 

Beberapa kasus mungkin selesai dalam satu bulan, sementara yang lain bisa memakan waktu hingga satu tahun.

2. Waktu Ideal untuk Mendaftar

Jika Anda mendaftar langsung melalui operator DTKS di kelurahan atau desa, usahakan melakukannya antara tanggal 15 hingga 25 setiap bulan, karena proses pendaftaran biasanya diolah pada tanggal tersebut.

Jika kedua hal di atas sudah dilakukan, calon KPM bisa melakukan dua opsi langkah ini:

  • Menunggu hasil persetujuan melalui aplikasi, atau
  • Mengambil inisiatif dengan langsung mendatangi kelurahan atau Dinsos untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Dengan mengetahui solusi permasalahan tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami proses pendaftaran dan verifikasi bantuan sosial melalui aplikasi Cek Bansos. 

Berita Terkait

News Update