POSKOTA.CO.ID - Calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial dari Pemerintah, dapat melakukan pengajuan secara online melalui aplikasi Cek Bansos.
Jenis bansos yang pendaftarannya bisa dilakuan secara online adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).
Salah satu kendala yang sering ditemui adalah lamanya proses aktivasi akun dan verifikasi data pada aplikasi Cek Bansos.
Masalah seperti tidak menerima email aktivasi, kesalahan sistem, hingga respon yang lambat dari Dinas Sosial kerap membuat banyak calon KPM bingung dan resah.
Berapa Lama Menunggu Email Aktivasi Setelah Daftar di Aplikasi Cek Bansos?
Melansir dari kanal Youtube Karin Vebrianti Valentin, email aktivasi biasanya akan diterima dalam waktu paling cepat 14 hari, tetapi dalam beberapa kasus bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan bahkan 1 tahun.
Jika email aktivasi tak kunjung diterima, cobalah untuk:
- Sabar menunggu.
- Membuat akun baru dengan identitas anggota keluarga lain yang masih satu Kartu Keluarga (KK). Misalnya, jika Anda sudah mendaftar atas nama sendiri namun tidak ada respon, cobalah daftar dengan data atas nama suami Anda.
Berapa Lama Menunggu Respon Dinsos Setelah Upload Usulan?
Setelah aktivasi dan mengunggah usulan melalui aplikasi, respon dari Dinas Sosial (Dinsos) biasanya membutuhkan waktu:
- Paling cepat 1 bulan.
- Dalam waktu tersebut, petugas Dinsos biasanya akan mendatangi rumah Anda untuk melakukan verifikasi data.
Namun, jika sudah berbulan-bulan atau bahkan 1 tahun tidak ada tindak lanjut dari Dinsos, Anda bisa langsung melapor ke kantor Dinsos setempat.
Bawa bukti bahwa Anda sudah mengajukan usulan melalui aplikasi Cek Bansos. Data Anda akan diteruskan ke Dinsos sesuai wilayah tempat tinggal Anda.
Jika Sudah Daftar Online, Apakah Harus Daftar Ulang ke Desa?
Jika Anda sudah mendaftar secara online, tidak perlu lagi mendaftar ulang ke kantor desa. Data Anda sudah otomatis masuk ke sistem Dinsos.
Namun, jika tidak ada respon dalam waktu lama, Anda bisa melakukan konfirmasi langsung ke perangkat desa.
Apa yang Harus Dilakukan Jika Aplikasi Error?
Aplikasi Cek Bansos sering mengalami error karena beberapa alasan:
- Tingginya jumlah pengguna yang mengakses aplikasi secara bersamaan.
- Sistem aplikasi masih dalam proses perbaikan.
Solusi:
- Cobalah mengakses aplikasi secara berkala.
- Jika tetap mengalami error, tunggu beberapa saat sebelum mencobanya kembali.
Cara Daftar Bansos PKH atau BPNT Secara Online
- Unduh aplikasi “Cek Bansos” melalui Play Store atau App Store.
- Buat akun terlebih dahulu dengan mengisi data yang diminta seperti nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan alamat email.
- Setelah berhasil masuk ke beranda aplikasi, tekan menu “Daftar Usulan” yang terletak di bagian kanan atas halaman.
- Klik opsi “Tambah Usulan”.
- Isi data diri sesuai persyaratan yang diminta dan pilih jenis Bansos yang sesuai.
- Tunggu proses verifikasi dan validasi dari pihak terkait.
Tim verifikator Kemensos selanjutnya akan melakukan verifikasi data. Apabila data sudah berhasil terverifikasi, maka pengguna akan mendapatkan email terkait diterima atau tidak nama Anda sebagai penerima bansos,
DISCLAIMER: Bansos PKH atau BPNT diberikan kepada masyarakat tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta memenuhi kriteria sesuai syarat dari Kementerian Sosial (Kemensos). (*)
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.