KPM PKH-BPNT Peralihan Pos ke KKS Bank Himbara Gagal Burekol? Beginilah Solusinya

Jumat 08 Nov 2024, 12:06 WIB
Solusi mengalami gagal burekol bagi KPM PKH-BPNT peralihan pos ke KKS bank himbara. (Foto: Kemensos)

Solusi mengalami gagal burekol bagi KPM PKH-BPNT peralihan pos ke KKS bank himbara. (Foto: Kemensos)

POSKOTA.CO.ID - Sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH-BPNT peralihan kantor pos ke KKS bank himbara, Anda gagal burekol? Beginilah solusinya yang diberikan oleh Kemensos RI

Saat ini KPM yang penyalurannya lewat PT Pos Indonesia harus berpindah ke Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bank himbara. 

Hal ini bertujuan agar pencairan saldo dana bansos menjadi lebih cepat, mudah, dan terintegrasi. 

Proses pembukaan buku rekening kolektif (burekol) ini hanya dilakukan bagi KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Nantinya akan dipanggil untuk mengambil buku rekening dan KKS bank himbara, terdiri dari BNI, BRI, BSI (khusus Aceh), dan Bank Mandiri. 

Akan tetapi, ada beberapa KPM yang mengalami kegagalan dalam proses tersebut. Hal ini dikarenakan oleh sejumlah faktor. 

Namun, tidak perlu panik karena ada solusi atau cara mengatasi hal tersebut agar bisa berhasil dan akhirnya mendapatkan saldo dana bansosnya. 

Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengeluarkan surat Nomor 2341/BS.01.00/10/2024 pada 28 Oktober 2024 lalu yang berisikan solusi. Ada apa saja? Berikut simak di sini. 

Solusi Alami Gagal Burekol bagi KPM PKH-BPNT Peralihan Pos ke KKS Bank Himbara

Salah satu penyebab yang sering terjadi ketika gagal burekol adalah ketidakcocokan data di disdukcapil wilayah pendampingan. 

Ketidaksinkronan tersebut bisa dilihat dari status SIKS-NG yang bisa dilihat bersama dengan pendamping sosial atau supervisor. 

Apabila terdapat kesalahan data, maka KPM harus mencocokan datanya lagi. Perbaikannya dilakukan pada SIKS-NG bersama pendamping sosial. 

Berita Terkait
News Update