POSKOTA.CO.ID - Begini cara memeriksa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama penerima bantuan sosial BPNT.
Bantuan sebesar Rp2.400.000 akan diberikan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah berhasil terdaftar sebagai penerima bansos BPNT.
Nominal tersebut tidak disalurkan secara penuh kepada penerima, melainkan melalui beberapa tahap dalam satu tahun.
Setiap tahun terjadwalkan enam tahap untuk disalurkan bantuan sosial tersebut, saldo yang diberikan adalah Rp400.000 setiap tahap ya.
Penyaluran dilakukan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang telah bekerja sama dengan bank Himbara (Himpunan Bank Negara) yaitu BRI, BNI, BSI, dan Mandiri.
Adapun enam tahap penyaluran yang dijadwalkan rinciannya adalah sebagai berikut.
Rincian Jadwal Penyaluran Bansos BPNT
1. Tahap pertama: dilaksanakan pada bulan Januari hingga Februari.
2. Tahap kedua: dilaksanakan pada bulan Maret hingga April.
3. Tahap ketiga: dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni
4. Tahap keempat: dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus.
5. Tahap kelima: dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober
6. Tahap keenam: dilaksanakan pada bulan November hingga Desember.
Untuk mengetahui apakah NIK dan nama Anda terdaftar, lakukan pemeriksaan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai berikut.
Cara Cek Daftar Penerima Bansos BPNT
- Buka situs www.cekbansos.kemensos.go.id
- Isi wilayah PM dengan lengkap
- Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa
- Lalu isi nama lengkap sesuai KTP
- Setelahnya lengkapi kode captcha pada layar
- Lalu klik "Cari Data"
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.