POSKOTA.CO.ID - Kementerian Sosial (Kemensos) menyediakan bantuan sosial (bansos) dengan pencairan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).
Bantuan diberikan pada masyarakat miskin atau rentan miskin, bertujuan untuk mendukung perekonomian mereka.
BPNT umumnya diberikan sebanyak 6 kali dalam setahun (dua bulan sekali) dengan nilai bantuan Rp200.000 per bulan, sehingga totalnya mencapai Rp2.400.000 per tahun.
Berikut informasi yang harus Anda ketahui apabila berniat mendaftar, termasuk panduan lengkap untuk mendapatkan bansos:
Siapkan Dokumen untuk Mendaftar Bansos
Sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen berikut:
- Kartu Keluarga (KK)
- Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) semua anggota keluarga
- Surat keterangan dari RT/RW
Cara Mendaftar Bansos BPNT
Anda bisa mengajukan permohonan bansos dengan datang langsung ke kelurahan.
Jangan lupa bawa berkas yang diperlukan, dan jelaskan kondisi ekonomi keluarga kepada petugas untuk dipertimbangkan dalam proses verifikasi.
Kemensos juga menyediakan aplikasi Cek Bansos untuk mempermudah proses pendaftaran. Berikut langkah-langkah mendaftar bansos melalui aplikasi:
- Unduh aplikasi Cek Bansos di Google Play Store
- Registrasi akun dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, dan alamat email.
- Lakukan verifikasi wajah
- Masuk ke aplikasi dan pilih menu "Daftar Usulan"
- Lengkapi data yang diminta, pastikan data sesuai dengan Dukcapil
- Cari nama Anda
- Tekan lama
- Klik ikon "jempol ke atas" sebagai tanda Anda layak menerima bansos
- Isi juga kolom alasan kelayakan
- Selanjutnya Anda harus sabar menunggu proses verifikasi
Apabila Anda dinyatakan layak setelah verifikasi data oleh dinas sosial, undangan dari pihak bank BUMN akan Anda terima untuk mengambil Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) berupa ATM.
Pencairan dilakukan melalui kartu KKS, Anda bisa mengambil sendiri apabila dana cair sesuai jadwal.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mendaftar bansos untuk membantu kondisi ekonomi keluarga.