POSKOTA.CO.ID – Ternyata Gen Z tidak lagi memerlukan televisi untuk mendapatkan informasi. Mereka sering menggunakan beberapa media sosial ini untuk memuaskan hasrat ingin tahu mereka.
Generasi Z atau gen Z adalah generasi yang kelahirannya berada di antara tahun 1996 hingga 2011. Generasi Z dikenal sebagai generasi yang melek teknologi, mencintai kebebasan dan peduli sesama.
Menariknya, alasan mengapa gen Z sangat sadar akan teknologi terkini karena mereka tumbuh dengan kehadiran ponsel, smartphone hingga sosial media.
Daftar Media Sosial yang Dipilih Gen Z
Berikut adalah beberapa urutan media sosial yang banyak digunakan oleh gen Z, seperti dilansir dari Later:
1. YouTube.
Menurut laporan Morning Consult, YouTube adalah platform yang paling banyak digunakan oleh Gen Z karena mereka bisa menghabiskan waktu selama 80 persen saat menggunakannya.
Jika generasi millenial sangat suka menonton televisi beda halnya dengan gen Z. YouTube digunakan oleh gen z yakni sosial media sebagai pengganti televisi.
Mereka menggunakannya untuk mencari tontonan hiburan saat memiliki waktu luang bersama dengan keluarga atau teman.
2. Instagram
Berada di posisi kedua dengan meraih 75%, ini karena gen Z sering membagikan momen pribadi dengan berswafoto atau menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga saat liburan dan memostingnya.
Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengabadikan momen-momen tersebut agar dapat dikenang hingga kapan pun. Cukup membuka Hp dan kenangan itu akan muncul.
3. TikTok
Ternyata, TikTok berada posisi ketiga dengan capaian 69℅. Ini menjadi media bagi Gen Z yang sangat suka melakukan banyak hal terutama, apalagi terkait dengan pembuatan konten.
Gen Z sering menunjukkan sisi kreatif dan ekspresif, sehingga TikTok dapat menjadi tempat yang tepat untuk menunjukkan kreativitas dan kepribadian mereka.