POSKOTA.CO.ID - Pada periode penyaluran terakhir, yaitu November-Desember 2024 pemerintah akan kembali menyalurkan saldo dana bantuan sosial (bansos) untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).
Bantuan Pangan Non Tunai merupakan salah satu program bantuan sosial dari pemerintah Indonesia yang bertujuan membantu keluarga yang memenuhi syarat dalam memenuhi kebutuhan dasar pangan.
Program ini disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
Pada November 2024, BPNT kembali disalurkan kepada masyarakat yang berhak. Setiap KPM akan menerima dana sebesar Rp200.000 per bulan untuk berbelanja kebutuhan pangan.
Namun, untuk penyalurannya sendiri biasanya dilakukan dua bulan sekali, sehingga pada periode penyaluran terakhir ini KPM akan menerima dana bansos Rp400.000.
Berikut ini adalah informasi lengkap tentang cara penyaluran bansos BPNT November 2024 dan cara mudah untuk mengecek status penerima bantuan.
Penyaluran Bansos BPNT
Dana bansos BPNT ini akan disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yaitu kartu khusus yang digunakan untuk mencairkan bantuan dari pemerintah.
KKS dapat digunakan di toko atau warung yang telah ditunjuk, sehingga KPM bisa membeli berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak, telur, dan bahan pangan lainnya.
Penyaluran dana bansos ini dilakukan melalui dua lembaga utama, yaitu Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia.
Cara Cek Nama Penerima Bansos BPNT Melalui Situs dan Aplikasi
Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima bansos BPNT, Kementerian Sosial telah menyediakan layanan online melalui laman cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi Cek Bansos.
Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan HP atau laptop yang terhubung dengan internet. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek bansos:
- Kunjungi website cekbansos.kemensos.go.id melalui browser. Jika ingin menggunakan aplikasi Cek Bansos, Anda bisa unduh terlebih dahulu di Play Store atau App Store lalu buat akun.
- Isi data tempat tinggal sesuai dengan yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).
- Isi kolom nama sesuai dengan identitas di KTP.
- Masukkan kode captcha yang tertera pada layar untuk memastikan bahwa data yang diinput adalah valid.
- Setelah semua data terisi, klik tombol 'Cari Data'.
Sistem akan menampilkan informasi penerima BPNT berdasarkan data wilayah dan nama yang Anda input.
Jika nama Anda terdaftar sebagai penerima BPNT, maka data lengkap mengenai jenis bantuan dan periode penyalurannya akan ditampilkan.
Hasil pengecekan ini akan menunjukkan status penerimaan BPNT dan memastikan apakah Anda termasuk dalam daftar KPM penyaluran dana bansoso periode ini.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.