Diserang DC Pinjol di Facebook dan Instagram? Simak Tips Jitu Mengatasi Penagihan di Media Sosial Saat Galbay

Minggu 27 Okt 2024, 06:01 WIB
Penagihan dari debt collector (DC) pinjaman online (pinjol) di media sosial saat terherat galbay. (Pexels)

Penagihan dari debt collector (DC) pinjaman online (pinjol) di media sosial saat terherat galbay. (Pexels)

POSKOTA.CO.ID - Penagihan dari debt collector (DC) pinjaman online (pinjol) di media sosial seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pengguna yang terjerat gagal bayar (galbay).

Kondisi galbay ini membuat DC pinjol melakukan penagihan, mereka kerap menempuh berbagai cara, termasuk memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya.

Hal ini bisa berdampak buruk, tidak hanya pada privasi, tetapi juga pada psikologis nasabah galbay pinjol dan orang-orang terdekat. 

Pasalnya, DC pinjol juga tak akan segan-segan menyerang pesan melalui direct massage (DM) kepada nasabah dan teman terdekat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada langkah-langkah pencegahan dan perlindungan agar bisa lebih siap serta terlindungi dari tindakan tidak etis yang dilakukan oleh DC lapangan.

Dikutip Poskota dari kanal YouTube Fintech Id, berikut adalah beberapa tips jitu untuk menghadapi penagihan di media sosial, melindungi privasi, serta menjaga kesehatan mental Anda dari seragan DC pinjol.

Mengapa DC Pinjol Menagih di Media Sosial?

Pinjol sering menggunakan media sosial untuk menekan peminjam yang galbay dengan menagih di platform ini, mereka berharap dapat memanfaatkan rasa malu dan tekanan sosial sebagai alat untuk memaksa peminjam segera melunasi pinjaman. 

Beberapa modus yang sering dilakukan DC pinjol di media sosial yang perlu Anda ketahui diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Menghubungi Teman atau Keluarga: DC bisa saja mengirim pesan langsung atau komentar kepada teman atau keluarga kita, baik untuk memberitahukan utang kita atau untuk meminta bantuan.
  • Komentar di Postingan: Mereka terkadang akan mengomentari postingan terbaru kita untuk memberikan peringatan atau bahkan mempermalukan.
  • Membuka Donasi Palsu: Dalam beberapa kasus, mereka bisa membuat cerita palsu dengan dalih "donasi" untuk membantu melunasi pinjaman.

Langkah-langkah tersebut sering dilakukan untuk menekan nasabah galbay pinjol secara sosial, sehingga kita merasa malu dan terpaksa membayar. 

Tips Jitu Mengatasi Penagihan di Media Sosial

Berikut adalah beberapa langkah efektif yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi penagihan di media sosial saat kondisi galbay pinjol

1. Atur Privasi Akun Media Sosial

Untuk mengurangi risiko pinjol mengakses media sosial, pastikan pengaturan akun dalam kondisi privat.

Berita Terkait

News Update