Dengan memiliki kontak darurat, pinjol bisa mengurangi risiko penipuan atau penyalahgunaan pinjaman.
Jika terjadi penggunaan identitas palsu atau penipuan, kontak darurat dapat membantu pihak pinjol untuk memverifikasi apakah aplikasi pinjaman tersebut sah atau tidak.
5. Menciptakan Tekanan Sosial untuk Membayar
Beberapa perusahaan pinjol menggunakan kontak darurat sebagai cara untuk memberikan tekanan sosial kepada peminjam agar lebih bertanggung jawab dalam membayar pinjaman.
Jika peminjam lalai, mereka mungkin merasa malu jika kontak darurat dihubungi mengenai masalah pembayaran mereka.
6. Membantu dalam Keadaan Darurat
Kontak darurat bisa digunakan apabila peminjam mengalami kondisi darurat (misalnya, sakit, kecelakaan, atau hal lainnya) dan tidak bisa mengurus pembayaran pinjaman sendiri.
Dalam situasi ini, kontak darurat dapat dihubungi untuk membantu mengambil tindakan yang diperlukan.
Namun, penggunaan kontak darurat oleh pinjol harus tetap sesuai dengan aturan hukum dan menjaga privasi.
Perusahaan pinjol legal yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia diharuskan mematuhi peraturan yang melarang penyalahgunaan kontak darurat untuk tindakan yang merugikan atau mengintimidasi.
DISCLAIMER: Artikel ini tidak mengajak atau menyarankan pembaca untuk melakukan pinjaman online. Selalu pertimbangkan dengan bijak jika ingin melakukan pinjol dan pastikan kreditur yang dituju sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bukan pinjol ilegal.(*)
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.