Penting! Kamu Wajib Tahu Update Terbaru Bansos PKH dan BPNT, Pencairannya Dialihkan dari PT Pos ke KKS Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BSI

Jumat 30 Agu 2024, 13:58 WIB
Update bansos PKH dan BPNT. (pinterst)

Update bansos PKH dan BPNT. (pinterst)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada beberapa perubahan penting terkait pencairan bantuan sosial dari pemerintah, terutama untuk Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), pencairannya dialihkan dari PT Pos ke KKS Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

Informasi ini sangat relevan bagi KPM lama maupun penerima baru, terutama terkait pencairan bantuan untuk bulan September dan Oktober 2024.

Berikut ini adalah informasi terbaru mengenai alokasi pencairan, prediksi waktu pencairan selanjutnya, perbedaan mekanisme pencairan, serta cara mengoptimalkan pencairan bantuan tunai bagi penerima.

Pembaruan Pencairan Bantuan PKH dan BPNT

Kabar terbaru bagi penerima bantuan PKH dan BPNT, periode pencairan untuk bantuan sosial lainnya seperti Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) dan PKH telah mengalami perubahan.

Bantuan PBI JK sudah dialokasikan untuk bulan Agustus 2024, sementara bantuan PKH dialokasikan untuk periode Juli-Agustus 2024.

Bagi kamu yang belum melihat adanya perubahan pada aplikasi Cek Bansos, jangan khawatir.

Pembaruan data di aplikasi biasanya dilakukan secara bertahap, perlu sedikit bersabar untuk menunggu informasi terbaru muncul di aplikasi tersebut.

Prediksi Waktu Pencairan Bantuan BPNT dan PKH Berikutnya

Berdasarkan update terbaru, pencairan bantuan BPNT melalui PT Pos diprediksi akan cair pada bulan September 2024.

Kemungkinan pencairan ini akan dilakukan di pertengahan atau akhir bulan, tergantung pada kesiapan administrasi dan proses penyaluran di lapangan.

Proses persiapan pencairan bantuan masih berlangsung hingga saat ini, menariknya, beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kini dialihkan pencairannya dari PT Pos ke Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di bank-bank seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

Hal ini menunjukkan adanya penyesuaian sistem oleh pemerintah untuk mempermudah penyaluran bantuan dan memastikan bahwa bantuan diterima dengan lebih cepat oleh masyarakat yang berhak.

Mengapa Pencairan BPNT dan PKH Bisa Berbeda di Setiap Wilayah?

Setiap wilayah di Indonesia bisa memiliki jadwal pencairan yang berbeda untuk bantuan BPNT dan PKH.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan waktu proses administrasi, distribusi, dan kesiapan infrastruktur di masing-masing daerah.

Selain itu, perubahan dari PT Pos ke KKS bagi beberapa KPM juga mempengaruhi jadwal pencairan di masing-masing wilayah.

Perbedaan Pencairan Bantuan melalui PT Pos dan KKS

Ada perbedaan mencolok dalam proses pencairan bantuan melalui PT Pos dan KKS. Berikut penjelasannya:

  • PT Pos: Pencairan bantuan melalui PT Pos dilakukan setiap tiga bulan sekali. Jadi, bantuan akan diterima dalam empat tahap setiap tahunnya Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, dan Oktober-Desember.

  • KKS (Kartu Keluarga Sejahtera): Bagi penerima yang dialihkan pencairannya melalui KKS, bantuan akan cair setiap dua bulan sekali. Hal ini membuat pencairan lebih sering dibandingkan dengan PT Pos. Penerima bisa lebih cepat mendapatkan bantuan tanpa harus menunggu undangan khusus seperti pada pencairan melalui PT Pos.

Pencairan melalui KKS menawarkan berbagai kelebihan, terutama dari sisi kecepatan dan efisiensi.

Tidak perlu lagi menunggu undangan pencairan atau jadwal yang ditentukan oleh PT Pos.

Dengan KKS, pencairan bisa dilakukan lebih fleksibel, ketika bantuan sudah masuk ke rekening KKS, penerima bisa langsung menarik bantuan tersebut di ATM atau agen terdekat.

Untuk menarik bantuan tunai melalui KKS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi potongan biaya yang tidak perlu:

  • Gunakan ATM Bank yang Sama dengan KKS Anda: Jika KKS Anda terdaftar di Bank Mandiri, maka gunakan ATM Bank Mandiri untuk menarik uang bantuan. Hal ini penting untuk menghindari potongan biaya administrasi yang biasanya terjadi jika menggunakan ATM dari bank lain.

  • Manfaatkan Agen Brilink atau Agen Bank Terdekat: Selain ATM, kamu juga bisa menggunakan agen Brilink atau agen bank lainnya yang bekerja sama dengan bank penerbit KKS kamu. Agen-agen ini biasanya lebih dekat dengan pemukiman dan dapat menjadi alternatif jika ATM bank terlalu jauh.

Bagi yang merasa bantuan belum cair sesuai dengan jadwal, pastikan untuk terus memantau aplikasi Cek Bansos atau situs resmi Kementerian Sosial.

Jika belum ada perubahan, kemungkinan data masih dalam proses pembaruan. Jika kamu mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi pihak terkait atau melalui media sosial resmi yang disediakan oleh pemerintah.

Bagi penerima PKH dan BPNT, update terbaru mengenai pencairan bantuan ini sangat penting untuk diperhatikan.

Dengan memahami perbedaan antara pencairan melalui PT Pos dan KKS, serta cara-cara untuk mengoptimalkan pencairan bantuan tunai, kamu bisa lebih siap dan terinformasi mengenai kapan dan bagaimana bantuan tersebut akan diterima.

Pastikan untuk selalu memantau informasi terbaru dari sumber yang terpercaya agar tidak ketinggalan kabar penting mengenai bantuan sosial di Indonesia.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Berita Terkait

News Update