5. Ardi memiliki sejumlah kelereng yang ingin dimasukkan dalam sejumlah kotak kecil yang ia miliki. Bila setiap kotak diisi dengan tiga kelereng, maka ada tiga kotak yang tidak terisi.
Bila setiap kotak diisi dengan dua kelereng, maka akan ada enam kelereng yang tidak terisi dalam kotak. Maka banyak kelereng yang dimiliki Ardi adalah ...........
A. 32
B. 34
C. 36
D. 38
E. 40
Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
1. Anda adalah seorang costumer service pada sebuah rumah sakit. Saat sedang bekerja, datang seorang wanita tua menanyakan prosedur pengurusan BPJS untuk perawatan kesehatan anaknya yang semakin memburuk. Anda berusaha menjelaskan dengan bahasa yang paling mudah dipahami, namun ia tetap kurang memahaminya setelah Anda menjelaskan berkali-kali. Hal yang akan Anda lakukan ..........
A. Perlahan-lahan menjelaskan tahapan pengurusan BPJS dengan bahasa yang santun
agar ia dapat memahami apa yang saya jelaskan.
B. Saya menjelaskan perlahan-lahan agar mudah dipahami cara mengurus keanggotan
BPJS untuk perawatan anaknya.
C. Saya sabar dalam menjelaskannya dengan menenangkan ibu tersebut terlebih dahulu
sehingga dapat fokus jika kebingungan mendengarkan penjelasan saya.
D. Saya akan meminta bantuan teman saya yang berpengalaman menghadapi angota
pasien yang kebingungan dalam memahami prosedur pengurusan BPJS.
E. Menyarankan ibu tersebut agar memanggil salah satu anggota keluarganya yang
dapat memahami penjelasan saya.
2. Anda mengetahui ada rekan kerja Anda yang memungut biaya kepada orang yang datang untuk mendapatkan pelayanan di kantor Anda. Hal yang akan Anda lakukan
..........
A. Saya akan akan melaporkan tindakan tersebut ke atasan yang berwenang agar
ditegur.
B. Hal tersebut sangat merugikan banyak orang dan tidak sesuai dengan prinsip
profesionalitas dalam pemberian pelayanan.
C. Bagi saya hal tersebut sangat tidak dibenarkan karena melanggar profesionalitas dan
integritas pegawai dalam hal pemberian pelayanan.
D. Saya akan menegurnya agar tidak melakukan tindakan tersebut.
E. Bukan hanya satu orang saja yang melakukannya, namun banyak pegawai lain yang
melakukannya sehingga dianggap hal yang lumrah.
3. Dikarenakan ada pekerjaan penting Anda harus lembur hingga pulang larut malam. Saat
melintasi jalanan yang sepi dalam keadaan lelah Anda mendapati seorang pengendara
sepeda motor mengalami kecelakaan. Tindakan yang anda lakukan adalah ...........
A. Saya akan melihat kondisi korban kecelakaan tersebut, jika kondisinya parah, saya
akan membantunya.
B. Saya langsung pulang karena bisa saja hal tersebut modus orang untuk melakukan
tindakan kriminal.
C. Saya langsung pulang karena kondisi saya sedang lelah akibat banyaknya pekerjaan
di kantor.
D. Saya akan melihat kondisi terlebih dahulu, bila kondisi memungkinkan dan butuh
pertolongan, saya akan menolongnya.
E. Saya melewatinya dan langsung pulang karena saya yakin pasti ada orang lain yang
akan membantunya.
4. Ketika masih jam kerja, atasan Anda menyuruh menutup pelayanan dan mengajak semua pegawai di kantor Anda untuk menghadiri acara pernikahan salah seorang rekan kerja Anda. Padahal menjelang siang banyak orang berdatangan untuk mendapatkan pelayanan. Sikap Anda ............
A. Saya secara tegas menolak perintah tersebut karena akan banyak yang datang untuk
mendapatkan pelayanan. Menghadiri acara pernikahan bisa setelah pulang kantor.
B. Saya merima perintah tersebut dan mengikuti menghadiri acara pernikahan sebagai
bentuk kekompakan.
C. Saya meminta ijin pada atasan untuk memberikan pelayanan terlebih dahulu baru
menghadiri pesta pernikahan.
D. Saya menghadiri acara pernikahan sebentar lalu kembali ke kantor untuk melanjutkan
pelayanan.
E. Saya perhatikan terlebih dahulu kondisi ramai tidaknya orang datang untuk
mendapatkan pelayakan, jika sepi dan hanya ada beberapa orang, maka saya akan
hentikan pelayanan sebentar untuk menghadiri acara pernikahan dan segera kembali
dengan cepat.
5. Ridwan adalah petugas kebersihan pada sebuah instansi. Saat ia sedang membersihkan lobi utama, datang seseorang yang terlihat terburu-buru dan meminta pelayanan. Akan tetapi saat itu pelayanan sudah ditutup. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Ridwan adalah ..........
A. Melayaninya dengan sebaik mungkin sesuai keperluannya.
B. Berusaha dan segera mencari orang yang dapat membantu dan melayaninya karena
kondisinya sangat mendesak.
C. Segera menghubungi atasan untuk menyamppaikan hal tersebut.
D. Memberikan nomor telepon pihak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan
pelayanan yang ia butuhkan.
E. Memberikan penjelasan bahwa jam pelayanan sudah ditutup dan menyarankan untuk
datang kembali keesokan harinya.
Itu dia 5 contoh soal tes SKD yang meliputi tes TWK, TIU dan TKP lengkap. Semoga bermanfaat.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.