JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Simak disini panduan klaim dan alur sertifikasi Program Kartu Prakerja dari data diri Anda yang sudah dipastikan lolos seleksi dan menerima insentif dana Rp700.000.
Anda hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Kartu Keluarga (KK) untuk cek kelolosan dan ikuti pelatihan yang tersedia.
Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 71 telah ditutup per Senin, 5 Agustus 2024.
Bagi Anda yang mendaftar pengumuman kelolosan program ini di umumkan pada 7 Agustus 2024, Anda bisa mengecek status penerimaan Anda disini.
Tanda Lolos Seleksi Prakerja Gelombang 71
Apabila Anda dinyatakan lolos seleksi program Kartu Prakerja gelombang 71, Anda akan disajikan 3 (tiga) video terkait Kartu Prakerja.
Pastikan untuk menonton ketiga video tersebut agar dapat mengetahui nomor Kartu Prakerja Anda.
Peserta yang berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 71 juga akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan email yang terdaftar.
Rincian Besaran Insentif Dana Kartu Prakerja Gelombang 71
- Biaya wajib untuk mengikuti pelatihan sejumlah Rp3.500.000
- Insentif biaya untuk mencari kerja seperti biaya transportasi yang didapatkan 1 (satu) kali sejumlah Rp600.000.
- Insentif pengisian survei evaluasi yang biasanya dilakukan per bulan, sejumlah Rp50.000 yang akan diberikan maksimal 2 (dua) kali.
- Jadi, Total bantuan dana yang bisa Anda dapat senilai Rp4.200.000.
Insentif ini akan diterima secara otomatis jika akun kamu telah terbaca oleh sistem setelah menyelesaikan pelatihan pertama, mengisi rating wadah pelatihan, dan memberikan ulasan pelatihan yang disediakannya.
Cek Status Penerimaan Program Kartu Prakerja Gelombang 71
Cara Mengecek NIK di Situs Prakerja Untuk memastikan apakah Anda termasuk dalam daftar penerima Kartu Prakerja Gelombang 71
Anda perlu melakukan pengecekan NIK di situs resmi. Berikut langkah-langkahnya:
Masuk ke Situs Resmi: Kunjungi www.prakerja.go.id dan login menggunakan akun yang sudah terdaftar.
Akses Dashboard: Klik menu "Dashboard" di halaman utama setelah login.
Masukkan NIK: Di kolom yang tersedia, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda.
Lihat Status: Sistem akan menampilkan status pendaftaran Anda, apakah sudah lolos seleksi atau masih dalam proses.
Panduan Klaim Dana Prakerja Gelombang 71
Bagi peserta yang telah dinyatakan lolos, berikut adalah panduan lengkap untuk mengklaim dana Prakerja:
- Log in ke akun Prakerja Anda di prakerja.go.id.
- Pilih pelatihan yang diinginkan dari berbagai mitra pelatihan yang tersedia.
- Ikuti pelatihan sesuai dengan jadwal dan instruksi yang diberikan.
- Selesaikan pelatihan dan pastikan mendapatkan sertifikat kelulusan.
- Isi survei yang diberikan untuk mendapatkan insentif tambahan.
- Cairkan insentif melalui akun e-wallet yang telah didaftarkan.
Biasanya peserta juga akan mendapatkan informasi lolos atau tidaknya Kartu Prakerja melalui SMS dan email dari Kartu Prakerja.
Untuk mencairkan uang Kartu Prakerja, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut:
- Pastikan kamu sudah lolos sebagai peserta yang informasinya tertera di dashboard Kartu Prakerja sesaat setelah log in.
- Pilih pelatihan yang ingin kamu ikuti dan pastikan pelatihan tersebut sudah terdaftar di Kartu Prakerja.
- Setelah memilih pelatihan, konfirmasi pelatihan tersebut melalui aplikasi atau website Kartu Prakerja.
- Tunggu konfirmasi dari pihak Kartu Prakerja bahwa kamu sudah terdaftar dan dapat menerima uang.
- Setelah konfirmasi, saldo Kartu Prakerja akan masuk ke rekening bank yang kamu daftarkan di aplikasi atau website Kartu Prakerja.
Kartu Prakerja memberikan berbagai macam pelatihan yang dapat dipilih oleh peserta, termasuk pelatihan di bidang teknologi informasi, kewirausahaan, pemasaran digital, dan banyak lagi.
Setiap pelatihan dirancang untuk memberikan keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan di dunia kerja.
Alur sertifikat Prakerja
Peserta harus menyelesaikan pelatihan kerja dari lembaga pelatihan dan dinyatakan lulus.
Setelah itu, lembaga pelatihan akan menyerahkan laporan penyelesaian pelatihan ke pihak platform digital mitra seperti Bukalapak, Pintaria, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Kariermu.
Laporan penyelesaian pelatihan akan dikirim platform digital ke pihak Manajemen Pelaksana Prakerja maksimal H+1 (hari kerja), setelah laporan diterima oleh platform digital dari lembaga pelatihan.
Kemudian, laporan penyelesaian kerja yang diterima dari platform digital akan diproses oleh Manajemen Pelaksana Prakerja dalam waktu 7x24 jam hari kerja (10 hari).
Selesai diproses, sertifikat Prakerja bakal diberikan ke halaman dashboard peserta di situs web “Prakerja.go.id”.
Kartu Prakerja gelombang ke-71 diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pekerja di Indonesia, sehingga produktivitas dan inovasi di berbagai sektor industri terus berkembang.
Manfaatkan peluang ini untuk mengembangkan diri dan meraih masa depan yang lebih baik.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.