JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pencairan Program Indonesia Pintar atau PIP Kemdikbud 2024 biasanya dilakukan di bank.
Adapun pencairan PIP Kemdikbud 2024 disalurkan melalui rekening BRI, BNI, dan BSI.
Sebelumnya, kamu bisa cek status penerima PIP Kemdikbud 2024 melalui link resmi.
Tujuannya yakni untuk memastikan kamu terdaftar sebagai penerima bansos pendidikan berupa uang tunai hingga Rp1.800.000 atau tidak.
Adapun cara cek status penerima PIP Kemdikbud 2024 adalah sebagai berikut ini.
Cara Cek Status Penerima PIP Kemdikbud
1. Buka laman pip.kemdikbud.go.id
2. Setelah terbuka, maka akan muncul kolom ‘Cari Penerima PIP’
3. Isi data NISN, NIK, dan hasil penjumlahan yang ada pada kolom
4. Klik cari, kemudian informasi mengenai penerima dapat dilihat.
Sedangkan berikut ini adalah cara aktivasi rekening bagi penerima PIP Kemdikbud 2024.
Cara Aktivasi Rekening
Sedangkan untuk aktivasi rekening PIP Kemdikbud SimPel di bank BRI (SD dan SMP), BNI (SMA dan SMK) dan BSI khusus wilayah Aceh.
1. Datang ke bank (BNI, BRI dan BSI) yang sudah bekerja sama dengan panitia PIP Kemendikbud
2. Membuat surat keterangan aktivasi rekening dari sekolah
3. Siapkan identitas KTP/Kartu pelajar baik siswa atau wali siswa.
4. Mengisi formulir pembuatan rekening Simpel PIP
Kamu juga perlu membawa berkas-berkas di bawah ini pada saat pencairan PIP Kemdikbud 2024 di bank.
Syarat Berkas Pengambilan PIP Kemdikbud 2024 di Bank
1. Surat Keterangan Penerima PIP dari Sekolah
2. KIP
3. Fotocopy KK
4. Fotocopy KTP Orang Tua
5. Buku Tabungan (Rekening Simpel)
Pastikan syarat berkas pengambilan PIP Kemdikbud 2024 lengkap, agar bansos pendidikan berupa uang tunai hingga Rp1.800.000 langung cair ke rekening. (*)