JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) terus memberikan layanan terbaik bagi jemaah calon haji (calhaj) dengan menghadirkan aplikasi Kawal Haji.
"Kawal Haji memberikan kemudahan bagi jemaah dan memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat, dan keluarga di Tanah Air," ujar Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, di Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.
Dikatakan, fitur aplikasi Kawal Haji, yakni konsumsi, akomodasi, transportasi dan orang hilang. Fitur ini dapat dapat memberikan kemudahan bagi jemaah haji dan masyarakat.
"Manfaat Kawal Haji juga sebagai upaya mencari solusi-solusi atas masukan penyelengaraan ibadah haji. Juga petugas haji dimudahkan dengan adanya kawal haji ini," tutur Wibowo.
Saat ini baru 193 jemaah haji yang sudah terverifikasi melalui akun. Aplikasi ini sifatnya wajib baji jemaah haji.
Kepala Subdirektorat Data dan Siskohat Ditjen PHU Kementerian Agama, Hasan Afandi menambahkan, bahwa pihaknya akan memberikan respons secepat mungkin terhadap laporan yang masuk dari aplikasi tersebut.
"SOP-nya di bawah 30 menit (mespons laporan jemaah). Untuk penyelesainnya jika level pertama angkat tangan, maka akan dilanjutkan. Ini beragam juknis (petunjuk teknis) penyelesaiannya dari 15 menit," ujarnya.
Dia juga memastikan bahwa aplikasi ini tidak akan mengalami kendala meski nantinyq banyak yang mendowload. (Muhidin)