JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – E-wallet atau dompet digital DANA dipakai sebagian besar masyarakat untuk mempermudah transaksi keuangan, namun beberapa hari yang lalu hingga saat ini viral saldo DANA hilang dikeluhkan oleh pengguna.
Beberapa pengguna mengaku saldo DANA hilang tanpa adanya transaksi yang dilakukan oleh mereka sendiri, bahkan ada yang mengaku akun diretas dan ada riwayat saldo ditarik oleh QRIS, Google, sampai Lazada.
Saldo DANA hilang apakah bisa kembali? Bagaimana cara mengembalikan saldo DANA yang hilang?
Sebelum viral saldo DANA hilang pada beberapa hari ini, pada tahun lalu hal serupa juga telah terjadi dan membuat pengguna menjadi korban.
Pada 2023, Head of Communications DANA Indonesia Sharon Issabella menjelaskan, telah terjadi serangan phishing terhadap pengguna di luar aplikasi DANA.
Menurutnya, penipu telah menyambungkan PIN dan OTP yang diterima untuk mengakses akun DANA korban serta aplikasi lainnya.
Ia mengimbau kepada pengguna aplikasi DANA untuk mengganti PIN secara berkala dan menjaga kerahasiaan kode OTP dengan tidak membagikan kepada orang lain maupun pihak yang mengatasnamakan DANA.
Ia mengaku, aplikasi DANA telah dilapisi dengan sistem keamanan berlapis dan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI), biometric, two-factor authentication, serta teknologi baru lainnya.
Aplikasi DANA juga memiliki fitur DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) yang bisa digunakan semua penguna untuk melindungi akun dari upaya penyalahgunaan.
Sharon menjamin, saldo DANA hilang bisa diproteksi 100 persen dengan fitur DANA PROTECTION, namun harus sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
Syarat pengembalian saldo DANA yang hilang yaitu kehilangan terjadi ketika HP pengguna hilang dan kehilangan saldo DANA diakibatkan oleh orang lain yang menyalahgunakan akun DANA pengguna.
Penyalahgunaan tersebut bisa berupa melakukan transaksi yang tidak terotorisasi oleh pemilik akun DANA yaitu tidak terverifikasi dengan kode verifikasi OTP atau PIN.
Syarat lainnya yaitu DANA PROTECTION hanya diberikan kepada pengguna akun premium yang sudah terverifikasi.
Berikut ini cara mengembalikan saldo DANA yang hilang.
(1) Mengirim laporan ke email help@dana.id dengan menuliskan kronologi masalah disertai bukti tangkapan layar riwayat transaksi yang mencurigakan di akun DANA pengguna;
(2) Menghubungi asisten digital DIANA melalui aplikasi DANA dengan cara tap ‘Riwayat Transaksi’ dan pilih transaksi yang ingin ditanyakan;
(3) Menghubungi asisten digital DIANA melalui aplikasi DANA dengan cara tap ‘Chat’ dan menjelaskan kronologi masalah disertai bukti tangkapan layar riwayat transaksi yang mencurigakan;
(4) Menghubungi asisten digital DIANA melalui aplikasi DANA dengan cara tap ‘Saya’, pilih ‘Pusat Resolusi’, tap ‘Bantuan’ di transaksi yang ingin ditanyakan atau tap ‘Chat’ di halaman bawah, dan pilih ‘Cek Transaksi Lainnya’.
Itulah informasi cara mengembalikan saldo DANA yang hilang.