ADVERTISEMENT

HARI TERAKHIR! Raih Kesempatan Klaim Saldo DANA Gratis Rp4,2 Juta dari Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 66

Senin, 22 April 2024 16:42 WIB

Share
HARI TERAKHIR! Raih Kesempatan Klaim Saldo DANA Gratis Rp4,2 Juta dari Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 66 (Pinterest/Edited: Farida Fakhira)
HARI TERAKHIR! Raih Kesempatan Klaim Saldo DANA Gratis Rp4,2 Juta dari Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 66 (Pinterest/Edited: Farida Fakhira)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 66 telah resmi dibuka sejak 19 April 2024 lalu, dan secara mudah memberikan kesempatan kepada para calon peserta untuk mendapatkan saldo DANA secara gratis senilai Rp4,2 juta.

Meskipun total insentif yang akan didapatkan ketika para calon peserta melakukan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 65 mencapai Rp4,2 juta, namun saldo DANA gratis yang akan didapat hanya senilai Rp700 ribu saja.

Lantas, bagaimanakah langkah-langkah yang tepat untuk mendapatkan klaim saldo DANA gratis sebesar Rp700 ribu dari pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 66 melalui DANA? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kartu Prakerja sendiri merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing dalam dunia kerja, serta insentif berupa saldo DANA gratis yang dapat dicairkan langsung ke dompet elektronik.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, program Kartu Prakerja ini tidak hanya menawarkan pelatihan, tetapi juga memberikan insentif saldo DANA gratis kepada peserta yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan selama mengikuti pelatihan.

Peserta Kartu Prakerja gelombang 66 dapat dengan mudah mencairkan insentif saldo DANA gratis mereka melalui aplikasi DANA yang dapat diakses dengan mudah.

Namun, sebelum mempelajari proses klaim saldo DANA Prakerja sebesar Rp700 ribu dari Kartu Prakerja gelombang 66, simak langkah-langkah berikut ini untuk mengisi survei pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 66.

Cara Mengisi Survei Kartu Prakerja

  1. Akses website Prakerja melalui www.prakerja.go.id.
  2. Klik "Daftar Sekarang".
  3. Masukkan alamat email aktif dan password.
  4. Centang boks yang bertuliskan "Saya menyetujui syarat dan ketentuan". 
  5. Verifikasi KTP dan KK dengan memasukkan data keduanya.
  6. Isi data diri sesuai permintaan, dan unggah foto e-KTP.
  7. Lakukan scan wajah.
  8. Jawab pertanyaan alasan ikut program Kartu Prakerja.
  9. Isi pelatihan yang diminati dan keterampilan.
  10. Verifikasi nomor ponsel.
  11. Jawab pertanyaan sesuai kondisi peserta.
  12. Ikuti Tes Kemampuan Dasar.

Syarat Daftar Program Kartu Prakerja 

  • Belum pernah menjadi Penerima Program Kartu Prakerja. 
  • WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Program Kartu Prakerja.

Cara Klaim Saldo DANA Prakerja 

  1. Buka halaman utama prakerja.go.id, kemudian login dan masukkan informasi akun Anda.
  2. Selanjutnya, buka laman dashboard, lalu login dan pilih akun E-Wallet seperti OVO, GoPay, atau DANA. Kemudian klik 'Sambungkan'.
  3. Verifikasi bahwa nomor telepon yang terhubung ke akun Kartu Prakerja kamu adalah nomor E-Wallet upgrade atau premium, atau nomor dengan KYC yang sudah ada.
  4. Masukkan nomor ponsel yang aktif, lalu isi kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  5. Masukkan kode keamanan akun E-Wallet kamu dan klik 'Sambungkan'.

Perlu diketahui, pencairan insentif saldo DANA Prakerja memakan waktu hingga 3 sampai 5 hari kerja setelah tanggal penjadwalan insentif muncul di dashboard akun.

Jika dalam waktu lebih dari lima hari kamu belum menerima insentif saldo DANA Prakerja, silakan hubungi kami melalui Formulir Pengaduan atau kunjungi situs bantuan.prakerja.go.id.

Harap diingat bahwa Formulir Pengaduan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 66 hanya tersedia selama jam kerja, mulai pukul 8.00 hingga 20.00 WIB. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT