ADVERTISEMENT

Tren Lonjakan Arus Balik: Penyeberangan Mendominasi, Angkutan Umum Mencatat Rekor

Senin, 15 April 2024 21:17 WIB

Share
Bus Angkutan umum di terminal. (dok. Kemenhub)
Bus Angkutan umum di terminal. (dok. Kemenhub)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  -  Angkutan umum menjadi primadona bagi jutaan pemudik yang memenuhi terminal dan pelabuhan, saat arus balik. 

Data yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan pada H+3 Lebaran 2024, mengungkapkan lonjakan signifikan jumlah penumpang angkutan umum, dengan penyeberangan menjadi moda transportasi terbanyak.

Dalam keterangan resminya, Kementerian Perhubungan mencatat adanya lonjakan sebesar 25,73 persen dari tahun sebelumnya, mencapai angka 1.275.079 penumpang pada H+3 Lebaran 2024.

 "Pada H+3 Lebaran jumlah, pengguna angkutan penyeberangan mendominasi dengan total 361.171 penumpang atau naik 29,55 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya," ungkap Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, Senin 15 April 2024..

Rincian data menunjukkan bahwa angkutan jalan, udara, kereta api, dan laut juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Angkutan jalan mencatatkan kenaikan sebesar 17,71 persen, sedangkan angkutan udara meningkat hingga 17,21 persen. 

Angkutan kereta api juga menunjukkan peningkatan sebesar 22,03 persen, sementara angkutan laut mengalami penurunan sebesar 3,64 persen dari tahun sebelumnya.

Tidak hanya angkutan umum, namun angkutan pribadi juga mencatat lonjakan yang cukup mencolok. 

Data menunjukkan bahwa jumlah mobil yang keluar dan masuk Jabodetabek melalui jalan tol Jasa Marga dan arteri meningkat sebesar 17,61 persen dari tahun sebelumnya, mencapai angka 633.322 kendaraan dan 3.166.610 orang.

Di samping itu, arus pergerakan sepeda motor juga meningkat secara signifikan. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT