ADVERTISEMENT

Viral di Media Sosial BEM UI Kritik TNI Melanggar HAM Berlanjut Ditantang Prajurit KKN di Papua, Youtuber Bobon Santoso Berikan Tanggapan

Jumat, 5 April 2024 03:06 WIB

Share
Foto: Twitter, Instagram @bobonsantoso
Foto: Twitter, Instagram @bobonsantoso

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Viral di media sosial Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) mengkritik dan mengecam dengan keras dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh anggota TNI di Papua. 

Kritik dan penolakan ini diunggah melalui akun resmi BEM UI di Instagram @bemui_official yang saat ini sudah tidak ada. 

Melalui platform tersebut, BEM UI mengajukan seruan kepada TNI untuk menghentikan tindakan pelanggaran HAM. Respons ini muncul setelah beredarnya video yang menunjukkan aksi kekerasan yang dilakukan oleh oknum TNI terhadap warga di Papua. 

Kasus tersebut bukan satu-satunya di tanah Papua, data menunjukkan bahwa tingkat pelanggaran HAM yang tinggi mencakup tindakan kekerasan aparat terhadap warga sipil di Papua dalam beberapa tahun terakhir.

"Kondisi ini jelas-jelas telah melanggar kewajiban negara dalam menegakkan HAM yang termaktub dalam konstitusi dan undang-undang," tulis @bemui_official dengan mengunggah beberapa data terkait hal tersebut dikutip Kamis 4 April 2024.

Meskipun mendapat kritik yang keras dari bem UI, banyak akun di media sosial mengunggah upaya prajurit TNI di Papua yang tidak sepemahaman dengan akun BEM UI. 

Konten tersebut berupa foto dan video yang menampilkan prajurit TNI berinteraksi dengan masyarakat di pegunungan Papua, termasuk ketika terlibat dalam konflik kontak senjata dan diserang oleh kelompok bersenjata (KKB).

"Lagi ramai nih sebuah postingan yang memperlihatkan BEM UI menolak keras Prajurit TNI & Polri aniaya sipil dan hentikan pelanggaran HAM di Papua. Sindiran keras itu dilakukan oleh prajurit TNI & Polri karena merasa sakit hati setelah apa yang mereka lakukan untuk bangsa Indonesia malah dituduh pelanggaran HAM," tulis @kegblgnunf 

"Minimal sekali seumur hidup BEM UI ngerasain KKN di Papua Pegunungan," tulis keterangan pada foto. 

"Jika BEM UI mampu untuk melaksanakan KKN di wilayah KKB maka saya akan sumbangkan gaji saya sampai pensiun," tulis keterangan pada foto. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT