Jangan percaya pada pesan dari dc pinjol yang berisi pengadaan investigasi besar-besaran dan pelaporan nasabah galbay ke lembaga keuangan dengan melibatkan RT/RW setempat.
Pelaku penipuan ini biasanya meminta korban tinggal di rumah agar mereka bisa melakukan pengancaman atau pemerasan.
4. Pengalihan Hutang ke Pihak Ketiga
Pesan mengenai pengalihan hutang pinjol ke pihak ketiga muncul saat nasabah galbay selama beberapa bulan.
Anda perlu berhati-hati sebab modus penipuan ini bertujuan menimbulkan kebingungan sehingga nasabah yang galbay pinjol segera menyetorkan sejumlah uang.
5. Menyamar Sebagai Customer Service
Penipuan joki pinjol berkedok customer service juga marak terjadi. Biasanya modus penipuan ini menawarkan pecairan dana atau pelunasan hutang secara cepat dan mudah.
Mereka akan meminta data pribadi nasabah yang galbay pinjol, seperti KTP, KK, nomor telepon, alamat email, akun media sosial, dan lainnya.
6. Himbauan Instal Aplikasi Tertentu
Terkait poin sebelumnya, sejumlah oknum yang menawarkan pembersihan data atau pelunasan hutang secara instan dapat menghimbau nasabah untuk menginstal aplikasi tertentu.
Jangan pernah mengklik link atau mendownload file apapun yang ditawarkan oleh joki pinjol, sebab besar kemungkinan berkas-berkas tersebut telah mengandung virus yang akan mencuri data-data pribadi dan menyadap ponsel Anda.
Sebagai tambahan, Anda harus mengetahui ciri penipuan pinjol, yaitu:
1. Oknum memberi tekanan atau memaksa agar segera bertindak.
2. Identitas tidak jelas (tidak memiliki email, website resmi, alamat kantor).
3. Persyaratan terlalu mudah atau bahkan tidak ada.
4. Meminta bayaran besar.
5. Meminta informasi pribadi.