ADVERTISEMENT

Kementan Klaim Ketersediaan Pangan dari Hewan Ternak Aman jelang Lebaran Idul Fitri 2024

Selasa, 2 April 2024 16:39 WIB

Share
Ilustrasi pangan dari hewan ternak. (Dok: Kementan)
Ilustrasi pangan dari hewan ternak. (Dok: Kementan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim ketersediaan pangan dari hewan ternak dipastikan aman sepuluh hari menjelang Lebaran Idul Fitri 2024.

Hal itu disampaikan Kementan seusai memantau ketersediaan dan pasokan 12 bahan pangan pokok di Pasar Cibinong dan Pasar Induk Kemang, Kota Bogor bersama DPR RI.

Kegiatan ini merupakan upaya Kementan untuk menjamin ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) di tengah permintaan yang kian meningkat, serta memenuhi kebutuhan jelang Idul Fitri.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budhy Setiawan mengatakan kondisi pangan di Bogor dipastikan aman dan terkendali.

"Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan pangan jelang Lebaran itu tak terkendala apapun dan masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkannya," terang Budhy pada Senin, 1 April 2024.

Sementara Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementan, Nasrullah mengungkapkan masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersedian daging sapi, ayam ras dan. telur ayam ras, karena pemerintah terus melakukan pemantauan di lapangan.

"Berdasarkan pemantauan di kedua pasar pagi ini, ketersediaan telur ayam, daging ayam dan daging sapi cukup tersedia dan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Idul Fitri," tuturnya.

Adapun pemerintah berkomitmen mengintensifkan pemantauan pasokan dan meningkatkan kelancaran distribusi bahan pangan dari daerah sentra produksi ke daerah konsumen menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

"Juga memberikan informasi tentang kepastian penyediaan pasokan dan sekaligus meningkatkan keamanan pangan untuk mencegah terjadinya peredaran bahan pangan yang tidak memenuhi kaidah keamanan pangan," ujarnya.

Sementara itu, seorang penjual telur di Pasar Cibinong, Bogor bernama Jamaluidn menyampaikan pasokan telur ayam ke lapaknya berjalan lancar. Ia mengatakan stok telur sampai dengan lebaran dalam kondisi aman.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT