ADVERTISEMENT

Kapolri Listyo Sigit Akan Terjunkan 155.165 Personel Gabungan untuk Amankan Mudik Lebaran Idulfitri

Senin, 25 Maret 2024 19:06 WIB

Share
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral kesiapan kelancaran arus mudik 2024. (Dok: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral kesiapan kelancaran arus mudik 2024. (Dok: Humas Polri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) akan menerjunkan setidaknya 155.165 personel gabungan untuk memastikan keamanan mudik Lebaran Idulfitri 2024.

Saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2024, Sigit menyebut ada 5.784 pos yang disiapkan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat.

"Pos yang nanti disiapkan untuk memberikan pelayanan apakah itu yang ada di jalan tol, rest area, kemudian di arteri dan termasuk jalur yang kita persiapkan untuk berikan pengamanan di wilayah wisata, ini juga kita persiapkan," ucap Sigit di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Senin, 25 Maret 2024.

Sigit mengatakan, Operasi Ketupat berlangsung pada 4-16 April 2024. Sebelum atau sesudah operasi itu, lanjut Sigit, kepolisian juga menyiapkan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

"Sebagaimana kita ketahui bahwa operasi ketupat 2024 merupakan operasi pelayanan program arus mudik dan balik yang akan dilaksanakan kurang lebih 13 hari mulai dari 4 April sampai dengan tanggal 16 April, yang sebelumnya juga didahului dengan KRYD dan nanti pasca operasi ketupat biasanya kita juga melaksanakan hal yang sama," katanya.

Perwira tinggi (Pati) bintang empat jebolan Akpol 1991 ini mengungkapkan berdasarkan informasi yang disampaikan Menko PMK dan Menhub, arus mudik Lebaran 2024 diprediksi mengalami peningkatan sebesar 56 persen daripada 2023.

Dari data tersebut, Sigit menegaskan pihak kepolisian dan seluruh stakeholder terkait telah menyiapkan strategi untuk memastikan arus mudik dan balik Idulfitri 1445 Hijriah berjalan aman, nyaman, dan lancar. Strategi tersebut di antaranya menyiapkan rekayasa lalu lintas.

"Tentu untuk mudik tahun ini, telah di siapkan strategi terkait dengan rekayasa lalin yang akan dilaksanakan termasuk sebelumnya didahului dengan survei khususnya di jalur, mulai dari Banten sampai dengan Jawa Timur. Untuk mengetahui titik mana yang harus diperbaiki karena terjadi kerusakan maupun jalur yang perlu ditambah dengan tanda atau marka jalan. Termasuk juga wilayah yang selama ini menjadi rawan laka," ungkap mantan Kabareskrim ini.

Sigit menambahkan kesiapan strategi dan pengecekan jalur sejak dini, sangat diperlukan untuk menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas saat momentum arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Ini menjadi penting karena memang secara statistik terjadi penurunan terkait laka lantas dibandingkan 2022. Namun demikian karena mudik meningkat kita harapkan laka lantas dan kemacetan lalin di mudik 2024 ini betul-betul bisa kita kelola dengan baik," ungkapnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Angga Pahlevi
Editor: Febrian Hafizh Muchtamar
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT