Cara mengatasi saldo DANA yang tiba-tiba terpotong sendiri (Foto: UMSU)

TEKNO

Waspada! Saldo DANA Terpotong Sendiri di Aplikasi, Ternyata Begini Cara Mengatasinya

Kamis 21 Mar 2024, 21:03 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Belakangan ini mencuat kasus saldo DANA yang terpotong sendiri secara tiba-tiba, padahal pengguna tidak merasa melakukan transaksi apapun.

Kasus ini telah memakan banyak korban, beberapa di antaranya mengeluh bahwa nominal saldo yang terpotong cukup besar bahkan mencapai jutaan rupiah.

Namun, sebagian pengguna tidak mengetahui siapa yang memotong saldo tersebut.

Setelah memeriksa riwayat transaksi, sebagian besar korban mengaku bahwa saldo terpotong dari Google Play lantaran pernah berlangganan suatu aplikasi. Tetapi saldo terus terpotong meski langganan telah dihentikan. 

Tetapi sebagian lainnya mengatakan, ada pihak lain yang tidak dikenal atau justru dompet elektronik itu sendiri yang memotong saldo DANA tersebut. Hal ini tentu sangat merasahkan dan menimbulkan rasa khawatir pengguna lainnya.

Tentu banyak yang bertanya juga apakah saldo akan kembali atau tidak dan apakah pihak DANA maupun yang memotong saldo tersebut akan bertanggung jawab? 

Pertanyaan itu sudah pasti muncul di benak semua korban, tetapi kamu tidak perlu khawatir sebab semua pasti ada jalan keluarnya. Sejumlah orang dengan kasus yang sama mengaku saldo kembali setelah melakukan laporan.

Laporan tersebut bisa kamu ajukan ke pihak DANA serta pihak yang merugikan, jika memang tercantum di riwat pencarian misalnya seperti Google Play. Kamu tidak perlu takut untuk mengajukannya. 

Lantas, bagaimana cara melaporkan kasus saldo DANA yang terpotong sendiri secara tiba-tiba? Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Melaporkan ke DANA

- Masuk aplikasi DANA

- Buka menu ‘Profil’

- Klik ‘Uang Keluar’ untuk periksa riwayat transaksi

- Screenshot jumlah pengeluaran yang tidak kamu ketahui atau janggal

- Kembali lagi ke halaman utama ‘Profil’

- Scroll layar dan klik ‘Pusat Bantuan’

- Pilih pertanyaan ‘Bagaimana memproses laporan penipuan ke DANA?’

- Baca syarat dan ketentuan untuk melaporkan keluhanmu

- Tulis dan kirim laporan ke email help@dana.id

- Sampaikan keluan saldo DANA tiba-tiba hilang dan lampirkan bukti screenshot riwayat transaksi tadi

- Klik ‘Kirim’ email

- DANA akan memproses selama 7x24 jam

- Selesai

Jika saldo tidak hilang selama tujuh hari, kamu disarankan untuk copot pemasangan aplikasi DANA dari perangkat yang digunakan agar kejadian serupa tidak terulang.

Cara Melaporkan ke Pihak Google Play

- Apabila saldo terpotong atas nama Google Play, kamu bisa kunjungi situs web play.google.com

- Klik foto profil akun kamu di sebelah kanan atas layar

- Klik ‘Pembayaran dan Langganan’

- Pilih ‘Anggaran dan Histori Pesanan’

- Klik ‘Laporkan Masalah’

- Pilih opsi yang menjelaskan keluhan kamu

- Lengkapi formulir dan beri keterangan bahwa anda ingin pengembalian dana

- Klik ‘Kirim’

- Selesai

Sekian berita DANA cara mengatasi saldo yang tiba-tiba hilang, semoga membantu dan bermanfaat.

Tags:
Saldo DANA terpotong sendiridompet elektronik dana

Rivera Jesica Souisa

Reporter

Rivera Jesica Souisa

Editor