ADVERTISEMENT

Pospera Desak KPU Purwakarta Transparan Penggunaan Dana Pemilu Milyaran Rupiah

Kamis, 21 Maret 2024 11:35 WIB

Share
Kantor KPU Purwakarta.
Kantor KPU Purwakarta.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PURWAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) menyoroti dana Pemilu 2024 bernilai milyaran rupiah di KPU Purwakarta yang disinyalir tidak transparan.

"KPU harus memegang teguh prinsip kejujuran dan transparansi dalam pengelolaan dana pemilu," seru Ketua DPC Pospera Purwakarta, Sutisna Sonjaya, kepada Poskota, Rabu, 20 Maret 2024

Menurutnya, KPU berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan Pemilu yang jujur dan adil serta transparan.

Termasuk dalam pengelolaan dana pemilu yang berasal dari uang negara.

"KPU harus memastikan bahwa uang yang digunakan berasal dari sumber yang sah dan dicatat secara akurat. Selain itu, setiap penggunaan dana harus dijelaskan secara terbuka kepada publik, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dan spekulasi negatif dari masyarakat," tegas anak buah Adian Napitupulu itu.

Selain itu, Sutisna meminta 

lembaga ini harus mampu membedakan antara kepentingan pribadi dan publik. Hal ini sangat penting untuk menjaga objektivitas dan keadilan dalam setiap keputusan yang diambil. 

"Kami mengingatkan KPU  tidak boleh lupa bahwa mereka menggunakan dana yang berasal dari uang negara yang harus dipertanggungjawabkan setiap penggunaan dan pengeluaran dana tersebut," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris KPU Purwakarta Rahadian Wiguna mengatakan BPK RI saat ini tengah memeriksa KPU se-Indonesia. 

"Semua anggaran pemilu se-Indonesia sedang diperiksa BPK," tulisnya dalam perpesanan WA menjawab Poskota, Rabu, 20 Maret 2024.(dadan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT