ADVERTISEMENT

Perhatikan Ini Sunah-Sunah Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Kamis, 21 Maret 2024 14:40 WIB

Share
Perhatikan Ini Sunah-Sunah Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan (Foto: Pinterest)
Perhatikan Ini Sunah-Sunah Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan (Foto: Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan.

Selain menjalankan puasa wajib, terdapat beberapa amalan sunah yang dapat dilakukan untuk menambah pahala dan keberkahan di bulan suci ini.

 

 

Berikut Sunah saat Berpuasa:

1. Sahur

Makan sahur sebelum waktu imsak merupakan amalan sunah yang dianjurkan. Sahur memberikan energi untuk menjalani aktivitas seharian selama berpuasa. Dianjurkan untuk mengakhirkan waktu makan sahur agar tubuh mendapatkan energi yang cukup.

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Segera berbukalah setelah waktu maghrib tiba. Dianjurkan untuk berbuka dengan kurma atau air putih. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang menyegerakan berbuka puasa, maka dia mendapat keberkahan." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Membaca Doa Berbuka dan Sahur

Membaca doa sebelum berbuka dan sahur merupakan amalan sunah yang dianjurkan. Doa-doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar puasa kita diterima dan mendapatkan pahala.

 

 

 



4. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran memiliki banyak pahala dan dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

5. Menjalankan Shalat Tarawih

Shalat tarawih merupakan shalat sunah yang dikerjakan secara berjamaah di malam hari selama bulan Ramadhan. Shalat tarawih memiliki banyak pahala dan dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

6. Bersedekah

Bersedekah di bulan Ramadhan memiliki pahala yang berlipat ganda. Sedekah dapat berupa harta benda, makanan, pakaian, atau lainnya.

7. Menjaga Lisan dan Perbuatan

Saat berpuasa, dianjurkan untuk menjaga lisan dan perbuatan dari hal-hal yang tidak baik. Hindari berkata kasar, berbohong, dan ghibah.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT