ADVERTISEMENT

Begini Trik Cegah Asam Lambung Naik Saat Menjalani Puasa

Senin, 18 Maret 2024 20:46 WIB

Share
Tips mencegah asam lambung naik saat puasa. (Foto/Unsplash)
Tips mencegah asam lambung naik saat puasa. (Foto/Unsplash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID- Memasuki bulan Ramadhan, umat musim di seluruh dunia kini mulai menjalankan ibadah puasa, dengan menghancurkan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam.

Hal ini tentunya menjadi tantangan yang lebih berat bagi para pengidap penyakit asam lambung. Sebab, dapat mengganggu jalannya ibadah puasa.

Asam lambung ini merupakan kondisi saat asam lambung naik ke kerongkongan. Makanan menjadi salah satu fungsi penting untuk menetralisir tingkat keasaman dalam perut.

Kondisi perut yang tidak terisi dapat menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung menuju ke kerongkongan.

Tak hanya itu, sebenarnya terdapat sejumlah faktor yang dapat menyebabkan asam lambung naik saat berpuasa, seperti pola makan tidak teratur atau  makan terlalu kenyang.

Untuk mencegah terjadinya asam lambung naik selama menjalani ibadah puasa, berikut ini beberapa trik yang bisa kamu coba. 

1. Hindari Minuman Mengandung Kafein dan Asam

Minuman yang mengandung kafein dan asam, seperti kopi, minuman berenergi atau jus jeruk dapat meningkatkan produksi asam lambung secara berlebih. Sebaiknya, kamu meminum minuman yang mudah dicerna misalnya air putih atau jus. 

2. Menjaga Porsi Makan

Hindari menyantap makanan dalam porsi yang besar, karena dapat membebani kerja pada organ pencernaan. 

Makanlah dalam porsi sedikit demi sedikit dan mulai dari yang ringan terlebih dahulu, agar mudah dicerna dan mengurangi risiko asam lambung naik.

3. Hindari Terlalu Banyak Minum 

Sebaiknya menghindari terlalu banyak minum saat makan sahur maupun berbuka puasa. Sebab, perut yang kembung akan membuat makanan menjadi sulit untuk dicerna. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ashley Angelina Kaesang
Editor: Ashley Angelina Kaesang
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT