JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Alur penagihan hutang tanpa Debt Collector (DC) Pinjaman Online (pinjol) merupakan informasi penting bagi nasabah, agar tidak mudah tertipu oleh DC gadungan.
Pada umumnya, pinjol melibatkan DC yang bertugas untuk menagih hutang para nasabah yang gagal bayar (galbay).
Biasanya mereka akan datang ke rumah nasabah galbay tersebut, dan menagih hutang mereka agar segera dilunasi.
Terkadang juga, mereka akan datang secara berkala jika nasabah ini tidak kunjung membayar juga.
Metode lain yang bisa digunakan DC saat awal penagihan adalah pesan teks, telepon atau email. Hal itu sebagai peringatan awal kepada peminjam dana supaya mengingat hutang mereka.
Selain menagih, DC juga menawarkan solusi pembayaran kepada debitur. Supaya para nasabah pinjol itu merasa sedikit diringankan bebannya dalam pembayaran angsuran pinjaman.
Perlu diingat, jika kebijakan dan praktik penagihan bervariasi tergantung pihak pinjolnya.
Ada beberapa perusahaan yang memakai DC dan tidak memakai penagih pihak ketiga.
Maka dari itu, pahamilah syarat dan ketentuan dari pihak Pinjol kamu sebelum mengajukan pinjaman.
Penting juga bertanggung jawab dalam membayar pinjaman serta bunganya sesuai perjanjian yang telah disepakati.
Bila kamu merasa kesulitan untuk membayar, hal pertama yang harus dilakukan adalah klarifikasi pada pihak pinjol.
Hal tersebut bertujuan untuk dapat mencari jalan tengahnya dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti ancaman dari pihak Pinjol.
Berdasarkan penjelasan tadi, berikut alur penagihan tanpa DC pinjol saat debiturnya galbay:
1. Komunikasi awal
Pinjol terlebih dahulu melakukan penagihan melalui pesan teks, email atau telepon sebagai pengingat.
Mereka akan memberikan peringatan dan mencari informasi tentang alasan keterlambatan peminjam dalam membayar.
2. Negosiasi sampai buat kesepakatan
Saat nasabah sudah memberikan alasan galbay dengan sah, maka pihak Pinjol akan menawarkan negosiasi.
Perusahaan Pinjol tersebut akan menawari kamu opsi pembayaran yang lebih terjangkau atau perpanjangan waktu dengan kebijakan tertentu.
3. Bayar lewat kanal digital
Agar penagihan tersebut terjaga secara efektif dan efisien, pihak Pinjol akan membantu nasabah untuk melakukan pembayaran lewat kanal digital.
Pembayaran bisa melalui transfer bank, e-wallet, atau sebagainya.
4. Diingatkan untuk membayar secara berkala
Apabila masih ada tunggakan yang harus dibayar, beserta informasi tanggal jatuh tempo, dan konsekuensinya yang tidak membayar, maka mau tidak mau akan dikirimkan DC.
5. Penawaran keringanan
Penyedia Pinjol bersedia menawarkan keringanan atau bantuan bila nasabah mengalami kesulitan untuk membayar.
Ini bertujuan agar penagihan tidak berlarut-larut dan merugikan nasabah juga.
6. Laporan keterlambatan
Jika nasabah tetap tidak bisa membayar dengan cara apapun, maka pihak Pinjol tidak akan mengirimkan DC lagi dan melaporkan keterlambatan.
Mereka akan melapor ke lembaga kredit atau biro informasi kredit.
Hal itu akan membuat skor kredit debitur menjadi buruk dan mempengaruhi pinjaman di masa mendatang.
Oleh karena itu, gunakan dan pinjaman tersebut dengan sebaik-baiknya agar tidak merugi di masa depan.
Itulah informasi alur penagihan utang Pinjol tanpa DC pinjol yang harus diketahui dan diingat. Semoga membantu. (Audie Salsabila Hariyadi)