ADVERTISEMENT

Apem Bohay Kue Khas Pandeglang Jadi Santapan Favorit Saat Berbuka Puasa

Rabu, 13 Maret 2024 16:28 WIB

Share
Kue Apem Bohay khas Pandeglang, kuliner yang diburu di bulan Ramadhan. (ist)
Kue Apem Bohay khas Pandeglang, kuliner yang diburu di bulan Ramadhan. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Olahan makanan yang dikelola oleh warga asal Kadubungbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang, yakni kue "Apem Bohay" kerap diburu warga saat menjelang waktu buka puasa.

Pasalnya, kue yang memiliki warna khas putih dan berbentuk persegi empat itu, menjadi hidangan favorit bagi warga saat berbuka puasa.

Diketahui, kue Apem Bohay merupakan kue tradisional yang diolah dari bahan yang sederhana, yaitu dari tepung beras sebagai bahan utamanya kemudian dipadukan dengan bahan lainnya.

Kue Apem Bohay itu sudah menjadi makanan khas Pandeglang, terutama pada bulan Ramadhan, kue tersebut cukup mudah dicari oleh pencinta kuliner. Kue yang memiliki postur lembut itu sangat enak disantap dengan air gula aren atau sirup. 

Bagi warga yang belum mengetahui apa itu Apem Bohay dan ingin mencicipi kelezatan rasanya, maka bisa datang langsung ke Kampung Kadubungbang, Desa Kadubungbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang. Karena di situ satu-satunya tempat olahan kue Apem Bohay.

Meski tidak harus datang ke tempat produksinya untuk mendapatkan kue Apem Bohay, warga bisa dengan mudah membeli kue itu saat melintas di jalur Mengger-Mandalawangi atau Labuan-Pandeglang.

Pada Bulan Ramadhan ini, banyak lapak-lapak penjual Apem Bohay di sepanjang jalur Mengger-Mandalawangi atau Mengger-Labuan.

Salah seorang pecinta kue Apem Bohay warga asal Pandeglang, Dani mengungkapkan, kue Apem Bohay sudah menjadi makanan favorit dirinya saat berbuka puasa. Soalnya kata dia, serasa tidak lengkap jika tidak ada hidangan Apem Bohay saat buka puasa.

"Tiap tahun pasti kami mencari kue Apem Bohay untuk berbuka puasa. Dan pada Ramadhan saat ini, sejak hati pertama puasa sudah memesan Apem Bohay," ungkapnya, Rabu, 13 Maret 2024.

Dikatakannya, Apem Bohay itu paling enak disantap dengan air gula aren, karena memang air gula aren sebagai pasangan kue Apem Bohay.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Firman Wijaksana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT