ADVERTISEMENT

Main Kartu Ternyata dapat Menjaga Keseimbangan Mental dan Pikiran

Minggu, 18 Februari 2024 14:17 WIB

Share
ilustrasi main kartu. ist
ilustrasi main kartu. ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, permainan kartu seperti Domino (Gaple), Remi, dan Texas telah menjadi bagian yang tak terpisahkan.

Namun, di balik kesenangan yang ditawarkannya, permainan ini juga sering dikaitkan dengan isu perjudian dan kecanduan.

Menurut pendapat Pakar Psikolog, Wahyu Aulizalsini, permainan kartu tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga memiliki dampak psikologis yang signifikan.

Dalam suasana santai, permainan ini dapat menjadi pelarian yang efektif dari stres sehari-hari, sambil secara tidak langsung melatih kemampuan berpikir, penilaian, dan respons.

"Ini merupakan bentuk hiburan yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mental dan merangsang pikiran, asalkan dimainkan dengan bijak," kata Wahyu dalam keterangannya, Minggu, 19 Februari 2024.

Tidak hanya itu, permainan kartu juga menciptakan kesempatan untuk memperkuat hubungan sosial.

Melalui interaksi antar pemain, ikatan persahabatan dapat diperkuat, kemampuan komunikasi meningkat, dan peluang untuk menjalin hubungan yang positif semakin terbuka.

Sementara, Menurut Pakar Sosiologi, Rr. Satiti Shakuntala, permainan kartu menjadi sebuah wadah untuk memahami dinamika sosial, membangun komunitas, dan mempererat hubungan interpersonal.

Namun, seperti halnya dengan banyak aktivitas lainnya, permainan kartu juga memiliki sisi gelap yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah potensi terkait perjudian.

"Beberapa jenis permainan kartu dapat menjadi pemicu bagi kecanduan judi, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak negatif tidak hanya bagi individu yang terlibat, tetapi juga bagi keluarga dan masyarakat secara luas," jelas Satiti.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Pandi Ramedhan
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT