ADVERTISEMENT

Honda Rekrut Founder Kalex untuk Program Pengembangan Sasis MotoGP

Rabu, 7 Februari 2024 06:30 WIB

Share
Honda resmi rekrut Founder Kalex untuk pengembangan sasis MotoGP (Foto: tmcblog.com)
Honda resmi rekrut Founder Kalex untuk pengembangan sasis MotoGP (Foto: tmcblog.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Honda telah mengontrak salah satu pendiri Kalex, Alex Baumgartel, untuk memperkuat pengembangan sasis MotoGP.

Honda sebelumnya memiliki sejarah kerja sama dengan Kalex, sebuah perusahaan teknik asal Jerman yang banyak terlibat dalam Moto2 dan sasisnya digunakan oleh sebagian besar tim.

Musim lalu, Honda menugaskan Kalex untuk memasok sasis untuk RC213V yang saat itu dikendarai oleh Marc Marquez dan Joan Mir.

 

 

 



Hal tersebut memberikan banyak nilai tambah bagi tim asal Jepang itu, terutama dalam hal informasi yang didapat dari sasis tersebut. Meskipun para rider tidak merasa nyaman dengan RC213V.

Marquez, pada kenyataannya, membuang sasis baru tersebut tidak lama setelah mengujinya, dan lebih memilih untuk menggunakan spesifikasi motor yang diproduksi sendiri oleh Honda.

Namun, Honda menganggap perekrutan Baumgartel sebagai kunci untuk melanjutkan perkembangan yang dimulai pada tes MotoGP di Valencia pada November. Hanya beberapa hari setelah berakhirnya musim 2023, Mir, Taakaki Nakagami, dan rekrutan baru Luca Marini serta Johann Zarco dapat menguji versi motor yang sama sekali baru untuk 2024.

Perbedaan paling mencolok pada motor spesifikasi 2024, yang diuji coba setelah MotoGP San Marino tahun lalu, adalah penurunan berat badan secara keseluruhan sekitar delapan kilogram dibandingkan dengan model sebelumnya.

Selasa ini, yang menandai dimulainya tes pramusim resmi pertama tahun ini, Baumgartel sudah terlihat mengenakan perlengkapan HRC.

Penambahan teknisi asal Jerman ini sejalan dengan strategi yang baru-baru ini diterapkan oleh kedua tim asal Jepang, Honda dan Yamaha.

 

 

 



Secara historis, Honda enggan mengandalkan elemen dari luar Jepang untuk peran yang paling relevan secara teknis, Yamaha mengontrak Massimo dari Ducati untuk tahun 2024 sebagai direktur teknis barunya. Sebelumnya, mereka juga telah merekrut Marco Nicotra, yang juga diboyong dari pabrikan Borgo Panigale, untuk memberikan dorongan pada divisi aerodinamika.

Kedatangan Baumgartel di Honda, yang secara paralel dengan peran barunya akan terus dikaitkan dengan perusahaannya Kalex dalam proyek-proyek lain, merupakan indikasi kesediaan pabrikan Tokyo untuk mengubah pendekatannya.

Dengan perekrutan ini, Honda ingin mempercepat produksi sasis dan mengurangi waktu tunggu antara produksi dan pengujian. Dia akan secara resmi menjabat sebagai Penasihat Teknis dan dikontrak langsung oleh HRC.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT