ADVERTISEMENT

Ahok Resmi Mundur dari Komisari Utama Pertamina

Sabtu, 3 Februari 2024 15:51 WIB

Share
Foto: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi mundur dari Komisari Utama PT Pertamina (Foto: ist)
Foto: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi mundur dari Komisari Utama PT Pertamina (Foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi mengundurkan diri dari kursi jabatannya.

PT Pertamina (Persero) turut buka suara terkait pengunduran diri Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama. VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso membenarkan bahwa Ahok telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Komisaris Utama Pertamina pada 2 Februari 2024.

Surat pengunduran diri tersebut sudah dikirimkan ke Kementerian BUMN selaku pemegang saham Pertamina. Fadjar pun mengatakan bahwa perseroan mengucapkan terima kasih atas pengabdian Ahok selama menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina

"Benar, beliau mengajukan pengunduran diri per 2 Februari 2024. Suratnya dikirimkan ke Kementerian BUMN," kata Fajar kepada wartawan Sabtu (3/2/2024).

"PT Pertamina (Persero) mengucapkan terima kasih kepada beliau atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Komisaris Utama," katanya.

Sebelumnya, Ahok mengaku, alasan dirinya mundur dari jabatan Komisaris Utama Pertamina tak lain karena dirinya mendukung salah satu pasangan calon Presiden dalam Pemilihan Presiden 2024.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya," tegas Ahok, dikutip dari laman Instagramnya, Jumat (02/02/2024).

Perlu diketahui, sebelum mengajukan pengunduran diri sebagai Komisaris Utama Pertamina, Ahok baru saja mengungkapkan sejumlah pujian kepada Pertamina dan dia pun turut memberikan arahan bagi Pertamina. Hal ini dilakukannya setelah perseroan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) beberapa hari lalu.

Melalui unggahan akun resmi Pertamina, Kamis (1/2/2024) kemarin, berikut pernyataan lengkap Ahok tersebut:

"Pertamina ini adalah perusahaan yang paling hebat di Indonesia dengan SDM paling hebat karena kadang-kadang kita minta A sampe C, para Perwira (karyawan Pertamina) bisa kerjakan sampai Z. Kami sangat apresiasi, kita yakin dengan SDM yang ada, saya pun sangat senang, jadi melihat begitu semangat membesarkan Pertamina, begitu semangat kita Energizing the Nation, kita ber-synergy to accelerate global energy champion. Semoga kita berhasil di tahun ini dan betul-betul menjadi andalan bangsa dan negara."

Sebagai informasi, Ahok menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) sejak 22 November 2019 berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) No.SK-282/MBU/11/2019 tanggal 22 November 2019. Basuki Tjahaja Purnama mantan Wagub dan Gubernur DKI Jakarta. (Adji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT