ADVERTISEMENT

Gempabumi Berkekuatan M5,6 Terjadi di Laut Flores NTT, Dirasakan hingga Labuan Bajo

Kamis, 25 Januari 2024 22:30 WIB

Share
Teks Foto: Peta gempabumi di wilayah Laut Flores. (ist)
Teks Foto: Peta gempabumi di wilayah Laut Flores. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - BMKG mengumumkan adanya gempabumi berkekuatan magnitudo (M5,6) di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur  (NTT), Kamis malam (25/1/2024) pukul 29:24 WIB.

Demikian diutarakan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono dalam keterangannya yang diterima Kamis (25/1/2024) malam.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,26° LS ; 121,17° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 48 Km arah BaratLaut Mbay, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 10 km," tambah Daryono.

Jenis dan mekanisme gempabumi, kata Daryono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Ia mengutarakan gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Ruteng, Waingapu, Bajawa, Ende, Maumere, Labuan Bajo dengan skala intensitas III MMI., dan daerah Kupang dengan skala intensitas II MMI.

Daryono juga menjelaskan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 19.46 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M3,9.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (johara)

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Sumiyati
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT