ADVERTISEMENT

Pertama Kali Naik Pesawat? Intip Beberapa Tips Berikut!

Selasa, 23 Januari 2024 13:59 WIB

Share
Ilustrasi Pesawat terbang ke udara. (Ist.)
Ilustrasi Pesawat terbang ke udara. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bagi beberapa orang, naik pesawat adalah hal menakutkan dan sangat merepotkan. Ada banyak aturan yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih bepergian dengan transportasi yang lainnya.

Padahal, pesawat adalah kendaraan yang terbilang lebih efisien, apalagi jika Anda berencana untuk berkunjung ke luar negeri.

Beberapa orang kerap ragu ingin melakukan penerbangan, terutama ke luar negeri, meskipun tiket pesawat internasional sedang turun harga. Banyak hal-hal yang rupanya menjadi pertimbangan untuk menaiki pesawat terbang. Namun, tidak masalah jika beberapa di antara Anda masih khawatir naik transportasi umum ini.

Untuk mengobati beberapa pertanyaan yang mungkin ada di kepala Anda, berikut adalah beberapa tips yang mudah dipahami untuk Anda si pemula yang baru ingin naik pesawat.

1. Pesan tiket jauh hari

Jika kalian ingin bepergian dengan pesawat ke luar negeri, maka lebih baik memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Sebab Anda bisa mendapat kuota sekaligus harga yang lebih hemat. Minimal pemesanan 1 bulan sebelum keberangkatan. Untuk mendapat promo, Anda bisa melihat penawaran di situs jasa perjalanan, contohnya seperti Traveloka yang kerap memanjakan pengguna setianya.

2. Siapkan berkas perjalanan

Jika ingin naik pesawat ke luar negeri, Anda akan melewati imigrasi, dimana kelengkapan berkas akan diperlihatkan. Maka Anda harus menyiapkan sebelum keberangkatan. Seperti paspor dan visa negara tujuan. Untuk antisipasi, siapkan juga salinannya.

3. Jangan datang mepet

Tips selanjutnya adalah terkait waktu kedatangan. Jangan sampai Anda datang mepet tenggat waktu keberangkatan. Minimal kedatangan adalah 2 sampai 2 jam sebelum jadwal terbang. Terlebih jika Anda memiliki bagasi, sebaiknya datang 3 jam sebelum penerbangan. Sebab, Anda butuh waktu dalam mengurus bagasi. Nantinya total pemeriksaan ada 2, yaitu melakukan check in, dan masuk pada ruang tunggu. Pemeriksaan tersebut termasuk pemeriksaan berkas atau dokumen untuk perjalanan, serta barang bawaan Anda.

4. Kemas barang dengan bijak

Dalam mengemas barang, Anda dapat memisahkan keperluan pribadi ke dalam tas kecil Anda. Siapkan tas khusus untuk keperluan pribadi Anda. Seperti sabun, obat-obatan, pasta gigi, dan kebutuhan pribadi lainnya. Masukkanlah ke dalam tas yang nantinya akan Anda bawa ke dalam kabin. Perlu diingat juga bahwa Anda hanya diperkenankan membawa 1 tas saja ke dalam kabin.

5. Bawa cemilan

Tips ibu akan berguna saat Anda di perjalanan nanti. Ini juga bisa masuk ke dalam barang pribadi yang bisa masuk ke dalam tas dan terbawa ke kabin. Namun, Anda harus ingat bahwa tetap membawa cemilan secukupnya saja. Jangan sampai membaca terlalu banyak. Bawalah cemilan kering dan tidak basah.

6. Permintaan seat

Sebelum terbang, tentu Anda harus check in terlebih dahulu. Saat inilah Anda dapat meminta petugas untuk memilihkan seat yang nyaman untuk Anda. Jika ingin melihat jendela, maka Anda dapat meminta seat A atau F. Sebab kenyamanan dalam penerbangan harus diprioritaskan.

7. Tidak membawa barang bahan berbahaya

Tips selanjutnya adalah tidak membawa bahan dengan bahan dasar logam berbahaya. Sebab ketika melewati mesin detektor nanti, barang bawaan Anda akan terdeteksi. Untuk mengetahui apa saja yang boleh dan tidak, Anda bisa langsung menghubungi orangnya.

8. Gunakan pakaian yang nyaman

Sebetulnya pakaian tidak diatur. Namun,supaya tetap nyaman selama dalam perjalanan, maka pakailah pakaian yang lebih nyaman. Bawalah pula jaket supaya tidak kedinginan saat di dalam o3 sawat. Selain itu, bagi Anda yang  harus menempuh perjalanan yang panjang, pakaian yang nyaman adalah hal utama.

9. Hal yang harus dihindari

Salah satu aturan yang barus dituruti adalah tidak boleh membawa cairan atau aerosol. Anda hanya dibolehkan membawa cairan air minum, maksimal 100 ml. Cairan yang dibawa juga harus masuk ke dalam botol tertutup.

10. Dengarkan dan patuhi instruksi

Hal yang harus Anda lakukan selama perjalanan adalah mendengarkan seluruh instruksi dari awak kabin. Ketika perjalanan, pramugara dan pramugari akan menjelaskan mengenai bagaimana perilaku yang harus dilakukan. Mereka akan melakukan pengarahan ketika berada di dalam pesawat selama masa penerbangan.

Itulah beberapa rekomendasi tips singkat yang bisa dilakukan untuk Anda yang baru pertama kali akan naik pesawat terbang. Selain beberapa di antara tips di atas, masih banyak hal yang harus Anda pahami sebelum melakukan penerbangan. Jika masih ingin mencari tahu mengenai hal tersebut, jangan sungkan untuk bertanya kepada maskapai penerbangan yang ingin Anda gunakan. Anda juga bisa bertanya kepada petugas bandara, ketika berkunjung ke bandara.

Hal yang perlu diingat adalah jangan malu bertanya terkait hal yang Anda ingin tau. Pastikan seluruh pertanyaan Anda tentang perjalanan udara ini menemukan jawabannya. Sehingga Anda akan lebih leluasa terbang dan menikmatinya. (Ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT