ADVERTISEMENT

Ukraina Tembak Jatuh Dua Pesawat Komando Rusia di Laut Azov

Selasa, 16 Januari 2024 10:30 WIB

Share
Ukraina Tembak Jatuh Dua Pesawat Komando Rusia di Laut Azov (Foto: Europe News)
Ukraina Tembak Jatuh Dua Pesawat Komando Rusia di Laut Azov (Foto: Europe News)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Militer Ukraina menembak jatuh pesawat pengintai milik Rusia, Beriev A-50 serta pesawat pusat komando IL-22  di Laut Azov dalam sebuah pukulan besar terhadap pasukan Kremlin, Senin (15/1/2024).

Mengutip Al Jazeera, Selasa (16/1/2024), Kepala Militer Ukraina Valerii Zaluzhnyi mengumumkan bahwa informasi tersebut melalui Telegram denan mengunggah sebuah video yang meunjukkan pesawat-pesawat tersebut telah tertembak jatuh.

"Saya berterima kasih kepada angkatan udara atas operasi yang direncanakan dan dilaksanakan dengan sangat baik di wilayah Azov!" tulis Zaluzhnyi dalam unggahannya tersebut.

Kemudian, Juru Bicara Angkatan Udara  Ukraina, Yuriy Ignat mengunggah ulang unggahan tersebut dan mengatakan, pesawat A-50 telah menjadi target utama Ukraina.

A-50 adalah pesawat pengintai Rusia, yang setara dengan pesawat Airborne Warning and Control System (AWACS) yang digunakan oleh NATO.

Pesawat A-50 dilengkapi dengan radar besar, pesawat ini biasanya memiliki 15 awak dan dapat memindai area seluas beberapa ratus kilometer untuk mencari pesawat, kapal, dan rudal musuh. Angkatan Udara Rusia diperkirakan memiliki sembilan pesawat ini dalam armadanya.

Juru Bicara Komando Militer Selatan Ukraina Natalia Humeniuk mengatakan, Rusia telah menggunakan pesawat ini secara ekstensif untuk mempersiapkan dan melakukan serangan rudal jarak jauh di Ukraina.

"Kami berharap serangan seperti itu [pada A-50] akan cukup menyakitkan dan, setidaknya, untuk menunda serangan rudal yang kuat," kata Humeniuk.

Blogger militer Rusia yang memiliki hubungan dekat dengan militer melaporkan sebuah insiden di Laut Azov.

"Ini akan menjadi hari yang kelam bagi Pasukan Dirgantara dan Pertahanan Udara Rusia," tulis Rybar, seorang blogger dengan hampir 1,2 juta pelanggan yang mendukung dan memberikan komentar tentang perang Rusia di Ukraina.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rivera Jesica Souisa
Editor: Rivera Jesica Souisa
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT