ADVERTISEMENT

Keluar dari Tim Haas F1, Guenther Steiner Diganti Ayao Komatsu

Kamis, 11 Januari 2024 12:00 WIB

Share
Guenther Steiner Hengkang dari Haas F1. Foto : motorsport.com
Guenther Steiner Hengkang dari Haas F1. Foto : motorsport.com

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Guenther Steiner meninggalkan tim Formula 1 Haas yang ia dirikan dan digantikan oleh direktur teknik sebelumnya, Ayao Komatsu.

Berita mengejutkan ini diumumkan oleh tim asal Amerika Serikat tersebut pada Rabu (10/1/2023), setelah musim 2023 yang buruk, yang membuat mereka finis urutan terakhir di klasemen konstruktor.

Kontrak Steiner seharusnya berakhir pada akhir tahun ini, dan pemilik tim Gene Haas memilih untuk tidak memperpanjangnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, mantan direktur teknis Simone Resta juga telah meninggalkan tim dalam sebuah keputusan yang mendahului kepergian Steiner. 

 



Steiner, yang merumuskan rencana untuk membangun tim F1 dengan menggunakan teknologi Ferrari dan kemudian mendapatkan dana dari produsen mesin Haas untuk memulai, tampaknya harus membayar harga atas kinerja buruk tahun lalu.

Bukan rahasia lagi bahwa terkadang ada ketegangan antara Steiner dan Haas, dan ada perbedaan pendapat di antara mereka tentang arah teknis yang akan diambil, dengan perpecahan paket aero lama dan baru yang terlihat di dua balapan terakhir 2023 merupakan tanda yang jelas tentang perbedaan pandangan tersebut.

Pada intinya, Steiner - yang akan tampil di Autosport International pada Sabtu nanti - meminta lebih banyak investasi dalam upaya untuk mengimbangi para pesaing yang menghabiskan banyak uang untuk infrastruktur pabrik yang diperbarui, sementara Haas ingin fokus untuk memanfaatkan sumber daya yang telah dimiliki timnya dengan lebih efisien.

Secara signifikan, penurunan ke posisi 10 merupakan pukulan besar bagi bagian tim dari dana hadiah F1. Itu berarti bahwa Haas harus berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang lebih besar pada anggaran berjalan 2024 daripada yang mungkin ia harapkan, yang pada akhirnya menyisakan lebih sedikit margin untuk investasi di fasilitas.

 

 




Sebaliknya, tim-tim seperti Williams, Sauber dan AlphaTauri telah mengambil keuntungan dari tunjangan belanja modal ekstra yang diizinkan oleh FIA dan berkomitmen untuk melakukan pengeluaran ekstra selama masa persiapan menuju perubahan regulasi tahun 2026.

Tim mengatakan bahwa Komatsu akan bertanggung jawab atas strategi tim dan kinerja di lintasan.

Dalam sebuah pernyataan, disebutkan bahwa ia akan memiliki "pengarahan singkat untuk memaksimalkan potensi tim melalui pemberdayaan karyawan dan proses struktural serta efisiensi".

Komatsu akan didukung di sisi organisasi dan komersial oleh chief operating officer baru yang belum disebutkan namanya, yang akan fokus pada hal-hal non-balap dan mungkin akan berbasis di fasilitas Inggris di Banbury.

Pemilik Haas telah menjelaskan bahwa fokusnya adalah untuk meningkatkan kinerja tim.

"Saya ingin memulai dengan mengucapkan terima kasih kepada Guenther Steiner atas semua kerja kerasnya selama dekade terakhir dan saya berharap yang terbaik untuknya di masa depan," katanya.
 

 

 


"Melangkah maju sebagai sebuah organisasi, jelas bahwa kami harus meningkatkan kinerja kami di jalur yang benar. Dengan menunjuk Ayao Komatsu sebagai team principal, pada dasarnya kami menempatkan aspek teknik sebagai inti dari manajemen kami.

"Kami telah meraih beberapa kesuksesan, tetapi kami harus konsisten dalam memberikan hasil yang membantu kami mencapai tujuan yang lebih luas sebagai sebuah organisasi. Kami harus efisien dengan sumber daya yang kami miliki, tetapi meningkatkan kemampuan desain dan teknik kami adalah kunci keberhasilan kami sebagai sebuah tim.

"Saya tidak sabar untuk bekerja sama dengan Ayao dan pada dasarnya memastikan bahwa kami memaksimalkan potensi kami - ini benar-benar mencerminkan keinginan saya untuk bersaing dengan baik di F1."

Komatsu, yang bergabung dengan tim Banbury dari Renault sebagai kepala teknisi balap untuk musim debutnya di 2016, menjadi prinsipal asal Jepang pertama untuk tim F1 yang berbasis di Eropa.

"Saya tentu saja sangat senang mendapat kesempatan untuk menjadi kepala tim di MoneyGram Haas F1 Team," ungkapnya.

"Setelah bergabung dengan tim ini sejak debutnya di lintasan balap pada tahun 2016, saya jelas sangat antusias dengan kesuksesannya di F1. Saya tidak sabar untuk memimpin program kami dan berbagai operasi kompetitif secara internal untuk memastikan kami dapat membangun struktur yang menghasilkan kinerja yang lebih baik di lintasan.

"Kami adalah bisnis berbasis kinerja. Kami jelas belum cukup kompetitif baru-baru ini yang telah menjadi sumber frustrasi bagi kita semua.

"Kami mendapat dukungan luar biasa dari Gene dan berbagai mitra kami, dan kami ingin mencerminkan antusiasme mereka dengan produk on-track yang lebih baik. Kami memiliki tim yang hebat di Kannapolis, Banbury dan Maranello dan bersama-sama saya yakin kami dapat mencapai hasil yang kami mampu."

Steiner memainkan peran besar dalam meningkatkan profil tim dalam beberapa tahun terakhir berkat penampilannya di Drive to Survive, yang membuatnya dikenal jauh di luar paddock F1.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT