ADVERTISEMENT

Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun

Selasa, 9 Januari 2024 09:36 WIB

Share
Franz Beckenbauer wafat di usia 78 tahun. Foto : Getty Images
Franz Beckenbauer wafat di usia 78 tahun. Foto : Getty Images

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer, telah meninggal dunia pada usia 78 tahun. Beckenbauer yang akrab disapa "Der Kaiser" ini menghembuskan napas terakhir pada Senin (7/1) waktu setempat.

Presiden DFB, Bernd Neuendorf, menyatakan, "Der Kaiser adalah salah satu pemain yang telah menciptakan standar dalam olahraga ini. Dengan kemampuannya di lapangan, ketepatan dan karismanya sebagai pemimpin tim, serta dedikasinya sebagai pelatih kepala di Piala Dunia, semua itu tidak akan terlupakan."

 

 



Keluarga Beckenbauer mengonfirmasi berita duka tersebut melalui kantor berita negara Jerman, DPA. Rudi Voller, mantan rekan setim Beckenbauer, menyampaikan, "Saya menganggapnya sebagai suatu hak istimewa dalam hidup saya untuk menyaksikan kehebatan Franz Beckenbauer.

Der Kaiser telah menjadi inspirasi selama lebih dari satu generasi dan akan tetap menjadi bagian dari kecemerlangan sepak bola Jerman."

Sejak putranya, Stephan, meninggal pada tahun 2015, Beckenbauer telah melawan penyakit seperti parkinson, demensia, dan menjalani operasi jantung pada tahun 2016 dan 2017. Pada tahun 2018, ia juga menjalani operasi untuk pemasangan pinggul buatan.

 

 

 



Beckenbauer, sebagai salah satu pemain paling gemilang dalam sejarah sepak bola dunia, meraih gelar Piala Eropa (1972) dan Piala Dunia (1974) sebagai pemain untuk timnas Jerman. Sebagai pelatih, ia juga membawa timnas Panser meraih Piala Dunia pada tahun 1990.

Der Kaiser meraih prestasi sebagai pemain dengan tiga trofi Uefa Champions League, lima gelar Bundesliga, empat piala DFB, satu piala Winners UEFA, dan satu Piala Interkontinental.

Beckenbauer juga dua kali meraih penghargaan Ballon D'or pada tahun 1972 dan 1976, serta namanya tercatat dalam tim terbaik sepanjang masa Piala Dunia.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT