ADVERTISEMENT

Mahfud MD Yakin Ganjar Siap Ikuti Debat Ketiga Pilpres 2024 Soal Pertahanan

Jumat, 5 Januari 2024 16:31 WIB

Share
Ganjar, Ahmad Tri Hawaari
Ganjar, Ahmad Tri Hawaari

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Calon Wakil Presiden RI, Mahfud MD menegaskan bahwa Ganjar Pranowo siap mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 yang mengangkat tema isu-isu pertahanan, keamanan, dan geopolitik pada tanggal 7 Januari 2024. 

Dalam menjawab pertanyaan wartawan, Mahfud yakin bahwa Ganjar sudah siap untuk menampung dan melontarkan pertanyaan dalam debat, dan meskipun Mahfud tidak memberikan masukan khusus, ia akan mendampingi Ganjar.

"Dia sudah menguasai itu. Saya sudah bicara. Jadi, saya tidak akan memberi masukan khusus, tetapi saya akan mendampingi karena dia sudah siap, baik untuk menampung pertanyaan maupun untuk melontarkan pertanyaan dalam debat. Dia sudah siap segalanya," kata Mahfud Md. menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di sela-sela kegiatannya di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Dalam dokumen visi dan misi pasangan Ganjar-Mahfud, sistem pertahanan 5.0 menjadi salah satu isu yang mereka angkat. 

Mahfud menjelaskan bahwa sistem pertahanan 5.0 mengikuti tren industri kelima yang berkembang ke arah AI dan digitalisasi, menggantikan era sistem pertahanan 4.0.

Pasangan ini juga menekankan pentingnya sistem pertahanan maritim, terutama di wilayah pesisir. Program terkait disebut sebagai Benteng Pertahanan Nusantara, dengan fokus pada mengembangkan strategi antiakses dan penangkalan wilayah untuk menjaga kedaulatan teritorial dan melaksanakan hak berdaulat di ZEE, terutama di koridor navigasi maritim, landas kontinen, ruang dirgantara, dan antariksa Indonesia.

Selain itu, Ganjar-Mahfud juga menawarkan gagasan Perisai Siber Nusantara, dengan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siber dengan memperkuat BSSN sebagai lembaga utama keamanan siber serta mendorong pembentukan Angkatan Siber TNI.

Sesi debat ketiga Pilpres 2024 dijadwalkan berlangsung pada 7 Januari 2024, dan dihadiri oleh tiga calon presiden: Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3). Meskipun hanya ada capres yang tampil di atas panggung, para cawapres juga turut mendampingi di lokasi debat. (rizal)
 

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT