ADVERTISEMENT

Tak Berpotensi Tsunami Gempa Bumi Magnitudo 5.9 Guncang Lebak, Dua Rumah Warga Rusak

Rabu, 3 Januari 2024 10:53 WIB

Share
Titik gempa bumi tektonik. (Foto: Ist).
Titik gempa bumi tektonik. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,9 magnitudo, yang berpusat di Bayah-Lebak, mengguncang wilayah Banten dan sekitarnya.

Akibat guncangan gempa bumi tersebut, dua rumah warga di Kecamatan Cijaku dan Lebak Gendong rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama mengungkapkan, gempa bumi yang terjadi pada pukul 7:54 WIB getarannya cukup terasa di semua wilayah di Lebak.

Bahkan kata Febby, akibat gempa bumi tersebut, sementara ini diketahui ada dua rumah warga yang mengalami kerusakan.

"Hamoir semua masyarajat di 28 kecamatan di Lebak merasakan getaran gempa bumi. Bahkan getaran itu terasa ke beberapa daerah di Banten ini," ungkap Febby, Rabu (3/1/2024).

Dikatakan Febby, kondisi rumah warga yang rusak akibat gempa bumi tersebut kondisinya rusak rungan. Namun pihaknya terus memantau dan mengidentifikasi bangunan-bangunan yang rusak akibat gempa bumi ini.

"Sementara ini dilaporkan ada dua rumah yang rusak. Namun kami masih mengidentifikasi khawatir masih ada lagi bangunan yang rusak akibat gempa bumi ini," katanya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada. Jika terjadi gempa susulan maka diharapkan segera mencari tempat yang aman.

"Tetap tenang dan waspada. Hindari bangunan dan mencari tempat yang lapang jika terjadi gempa bumi susulan," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BMKG bahwa kejadian gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo tersebut tidak berpotensi tsunami.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT