ADVERTISEMENT

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Mencegah Kolestrol dan Asam Urat, Hempaskan Rasa Nyeri agar Tidak Kambuh

Rabu, 3 Januari 2024 18:00 WIB

Share
5 Makanan yang Dianjurkan untuk Mencegah Kolestrol dan Asam Urat. (Ist)
5 Makanan yang Dianjurkan untuk Mencegah Kolestrol dan Asam Urat. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kolestrol dan asam urat sering kali dikeluhkan oleh orang tua maupun lansia dengan rasa nyeri saat kambuh. Sejumlah makanan penurun kolestrol dan asam urat sendiri bisa dikonsumsi secara rutin untuk mencegahnya.

Mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuh tentunya penting untuk menurunkan kadar kolestrol dan asam urat agar dapat menghempas rasa nyeri ketika kambuh.

Jika hal tersebut Anda abaikan, kolestrol maupun asam urat yang tinggi akan menyebabkan masalah serius, Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai menerapkan pola makan untuk mencegah kolestrol dan asam urat.

Kolestrol yang tinggi sendiri akan menimbulkan beberapa resiko penyakit, seperti jantung, stroke, diabetes dan tekanan darah tinggi. 

Sedangkan asam urat berhubungan dengan pembentukan kristal di dalam ginjal yang akan menyebabkan fungsi ginjal berkurang.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah makanan yang dianjurkan untuk mencegah kolestrol dan asam urat agar tidak kambuh.

1. Oat atau Gandum
Oat atau gandum memiliki kandungan serat yang dapat mengontrol kandungan kolesterol dan asam urat di dalam tubuh. Bagi penderita kolestrol dan asam urat, sebaiknya mulai sekarang Anda mengkonsumsi oat untuk sarapan.

Anda juga bisa menambahkan sati porsi oat dengan buah-buahan, seperti pisang atau beri sebagai kandungan serat ekstra untuk membantu mencegah kolestrol dan asam urat.

2. Kakao
Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam. Makanan ini sendiri telah terbukti bisa menjadi makanan penurun kolesterol dan asam urat.

Cokelat hitam yang dianjurkan yaitu dengan kandungan kakao 75-80 persen atau lebih tinggi untuk melindungi tubuh Anda dari kolestrol dan asam urat jahat.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mutia Dheza Cantika
Editor: Mutia Dheza Cantika
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT