ADVERTISEMENT

Sorot: Refleksi Tahun Politik

Jumat, 29 Desember 2023 05:30 WIB

Share
Pendistribusian logistik Pemilu, Ahmad Tri Hawaari
Pendistribusian logistik Pemilu, Ahmad Tri Hawaari

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DUA  hari lagi tahun 2023 akan berakhir, berganti menjadi tahun 2024. Kita sering menyebutnya sebagai tahun baru.

Lazimnya, sebelum memasuki tahun baru, perlu kiranya merefleksi diri (cerminan) terhadap apa yang sudah kita jalani sepanjang tahun 2023. Tentu ada suka dan duka, ada tangis dan tawa, sedih dan bahagia.

Tak sedikit mengalami beragam problema, menghadapi berbagai tantangan, meski acap terbuka peluang di balik tantangan yang menghadang.

Hanya saja, kadang kita lalai, abai atau tidak menyadarinya bahwa peluang yang terbuka begitu lebar di depan mata terhalang sisi gelap karena ego dalam menyikapi situasi.

Melihat tantangan hanya dari sisi negatif dengan segala problema yang menimpa. Bukan sebagai cobaan yang pada saatnya akan mendatangkan kebahagiaan.

Menyesalkah? Jawabnya tiada guna karena waktu berjalan maju, bukan mundur.Kita diberi kedua mata berada di depan muka agar senantiasa menatap ke depan, bukan ke belakang, menyesali apa yang sudah terjadi.

Sesekali menengok ke kaca spion, sebagai perenungan pengalaman masa lalu diperlukan sepanjang dapat dijadikan bahan evaluasi dan introspeksi agar perjalanan ke depan menjadi lebih baik lagi.

Tidak dapat dipungkiri rangkaian peristiwa telah terjadi di negeri kita, baik  di bidang politik, hukum, keamanan, ekonomi, maupun sosial dan  budaya.

Yang tiada henti jadi bahan diskusi adalah persoalan politik. Kadang menjadi “isu panas”. Memanasnya situasi sulit dihindari karena tahun 2023 dikenal sebagai “tahun politik.”

Selama proses politik berjalan, kita sebagai warga masyarakat hendaknya  tetap bijak menyikapi beragam isu dan peristiwa yang bakal terjadi. Jika kita bukan bagian langsung dari timses, hendaknya tidak terlalu jauh terlibat pusaran arus gesekan politik yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri dan keluarga.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT