ADVERTISEMENT

Sinopsis Hacksaw Ridge, Kisah Nyata Tentara AS yang Menolak Bawa Senjata

Senin, 25 Desember 2023 11:21 WIB

Share
Sinopsis Film Hacksaw Ridge. Foto : Pinterest
Sinopsis Film Hacksaw Ridge. Foto : Pinterest

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hacksaw Ridge merupakan film yang disutradai Mel Gibson, film ini dirilis tahun 2016. Film ini mengangkat cerita nyata Desmond Doss, sersan medis Angkatan Darat Amerika Serikat yang bertugas pada pertempuran Okinawa selama Perang Dunia II, dia dikenal karena memiliki komitmen yang kuat untuk tak membawa senjata atau membunuh nyawa.

Andrew Garfiel berperan sebagai Desmond Doss, seorang Adventis hari ketujuh yang secara tegas menolak membunuh atau membawa senjata, dia memilik tugas untuk melayani karena sebagai sersan media.

 



Cerita dimulai dari masa muda Doss di Virginia, di mana dia memiliki pengalaman traumatis terkait kekerasan di antara keluarganya. Hal ini memicu keyakinan Doss bahwa membunuh atau melukai orang lain adalah tindakan yang salah.

Saat Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia II, Doss memutuskan untuk bergabung dengan Angkatan Darat dengan niat melayani tanpa membawa senjata. Meskipun keyakinannya ini menimbulkan penolakan dan tekanan dari sesama militer, Doss tetap kukuh dan berhasil melewati pelatihan militer sebagai obyek pekerjaan medis non-senjata.

Dalam pertempuran sengit di Hacksaw Ridge, Okinawa, Doss menyaksikan kekejaman perang dan melakukan tindakan heroik yang mengagumkan. Meski tidak membawa senjata, ia berhasil menyelamatkan 75 rekan tentara yang terluka, satu per satu, dari medan perang yang penuh bahaya, tanpa memedulikan risiko terhadap nyawanya sendiri.

 



Film ini menggali tema keberanian, keyakinan, dan keteguhan hati dalam menghadapi tantangan moral di tengah peperangan. Dengan narasi yang mendalam dan adegan perang yang realistis, "Hacksaw Ridge" mengisahkan kisah luar biasa seorang pahlawan sejati yang dihargai dengan Medali Kehormatan Kongres atas keberanian dan dedikasinya di medan perang.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT