ADVERTISEMENT

8 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Banget Kamu Beli

Minggu, 24 Desember 2023 16:42 WIB

Share
Oleh-oleh khas Bandung Bolen Kartika Sari
Oleh-oleh khas Bandung Bolen Kartika Sari

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Berlibur ke kota Bandung memang sangat menyenangkan, Kota yang penuh dengan destinasi wisata dan beragam kuliner ini menjadi favorit tersendiri bagi wisatawan ibukota.

Namun satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika liburan adalah membeli oleh-oleh khas dari kota kembang tersebut.

Berikut daftar 8 oleh-oleh khas Bandung yang wajib kamu beli.

 



1. Batagor Bandung

Makanan khas Bandung yang bisa menjadi oleh-oleh adalah batagor. Makanan ini sudah terkenal di seluruh Indonesia sebagai ciri khas kota Bandung. Ada banyak penjual batagor, mulai dari abang-abang gerobak pinggir jalan hingga di restoran mewah.

2. Oncom

oleh-oleh khas Bandung yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai, yaitu oncom. Makanan ini sudah ada sejak zaman dulu, tapi masih banyak penggemarnya hingga sekarang. Oncom bisa dihidangkan dengan cara digoreng.

3. Tahu Susu Lembang

Tahu khas Bandung ini memiliki rasa yang lebih gurih dengan tekstur yang lembut. Isiannya yang padat serta kulitnya yang renyah, membedakan tahu susu ini dengan tahu sumedang. Sangat enak dinikmati selagi hangat dengan tambahan cabai rawit di tengah udara Lembang yang dingin.

4. Tempe Gila

Untuk camilan asin, kamu bisa membeli tempe gila sebagai oleh-oleh khas Bandung. Tempe gila ini terbuat dari tempe yang digoreng kering dan diberi bumbu pedas. Terdapat beberapa level kepedasan yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Rasa gurih dan pedas dari tempe ini bisa dinikmati untuk menemani perjalanan atau bersantai di rumah.

5. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong adalah olahan daging sapi yang digeprek dan diberi bumbu khusus. Makanan ini cocok menjadi lauk untuk makan. Daging yang dipakai sebagai bahan baku pun tidak hanya daging sapi, tetapi ada juga daging ayam. Varian rasa dari gepuk Nyonya Ong ada bermacam-macam, mulai dari original, beef pedas, beef salty, beef less sugar, chicken spicy, hingga chicken original.

 



6. Bolen Kartika Sari

Bolen yang sudah ada sejak tahun 1970-an ini jadi pelopor hadirnya pisang bolen di Bandung lho. Teksturnya yang khas membuat banyak orang ketagihan untuk menikmati bolen pisang Kartika Sari. Terdapat berbagai varian yang bisa kamu pilih, mulai dari keju, coklat, hingga durian.

7. Peuyeum Bandung

Tape hasil fermentasi singkong ini bisa kamu temukan dengan mudah di warung-warung pinggir jalan dekat perbatasan Bandung. Rasa dan aroma peuyeum Bandung yang khas, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari luar Bandung.

 


8. Wajit Cililin

Ciri khas dari wajit cililin adalah rasanya yang legit dan manis, serta bungkusnya yang dibuat dari daun jagung yang dikeringkan. Bahan utama dari wajit cililin adalah ketan, kelapa, gula aren, dan vanili. Harga yang harus kamu bayar untuk mendapatkan wajit cililin ini mulai dari Rp10.000 sampai Rp25.000, tergantung pada ukuran kemasannya.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT