ADVERTISEMENT

Bamsoet Minta Kemenkes Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 di Posko Mudik Nataru

Kamis, 14 Desember 2023 13:47 WIB

Share
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ist)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –   Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI agar membuka layanan vaksinasi Covid-19 di sejumlah fasilitas posko mudik.

Hal ini dilakukan untuk menekan laju kasus selama libur Natal dan Tahun Baru 2024. 

"Kemenkes  diminta menyiapkan secara matang pos kesehatan tersebut, terutama strategi bagi tenaga kesehatan yang bertugas selama 24 jam, dan juga vaksin dan peralatan medis lainnya, " kata Bamsoet, Kamis (14/12/2023).

MPR menilai sebaiknya Kemenkes berfokus pada percepatan serta perluasan cakupan vaksinasi Covid-19 sebelum momen libur Nataru, dengan tujuan untuk membentuk kekebalan kelompok masyarakat sekaligus mencegah semakin tingginya kasus aktif Covid-19 pasca libur Nataru,

Bamsoet meminta pemerintah agar juga menyiapkan layanan testing di tiap posko mudik, disamping menetapkan kebijakan yang implementatif terkait persyaratan vaksinasi untuk mobilitas masyarakat saat momen libur Nataru.

Dengan begitu diharapkan dapat meminimalisir penularan hingga menekan peningkatan kasus aktif Covid-19.

"Meminta komitmen pemerintah sudah menetapkan strategi ataupun menyiapkan skema khusus dalam mengantisipasi ancaman gelombang baru Covid-19 jelang dan pasca libur Nataru sebagai upaya mitigasi risiko penularan, terutama yang dipengaruhi oleh pergerakan masyarakat selama momen Nataru. Mengingat gelombang baru Covid-19 bisa terjadi akibat dari banyaknya mobilitas dan interaksi antar masyarakat," ucapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat dan para pelaku perjalanan/pemudik, juga pengelola tempat publik untuk mewaspadai potensi penularan Covid-19 yang kini sedang mengalami tren peningkatan di Tanah Air.

"Salah satunya tetap melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan khususnya bagi individu agar memantau kesehatan diri sendiri dan juga keluarga sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik di libur Nataru nanti," tutupnya. (rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT