JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - TikTok shop kembali ke pasar Indonesia melalui e-commerce Tokopedia melalui kerjasama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau yang dikenal dengan GoTo.
Dengan kerja sama ini, TikTop Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. Namun, TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.
TikTok sendiri akan menginvestasikan dananya ke GoTo sebesar 1,5 miliar US Dollar atau sekitar Rp 23,4 Triliun untuk mendukung operasional Tokopedia sebagai komitemen jangka panjang.
Kedua belah pihak juga sudah setuju untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dan memperluas pasar UMKM nasional, serta memberdayakannya.
Investasi tersebut diyakini tidak akan mengakibatkan dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.
"Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia," tulis siaran persnya yang dikutip oleh POSKOTA, pada Senin, (11/12/2023).
Selain itu, kemitraan itu diciptakan untuk memberikan banyak manfaat melalui platform e-commerce yang akan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang di Indonesia.
"Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo," katanya.
Kesepakatan tersebut diketahui sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar.
Rencananya, kerja sama antara TikTok dan Tokopedia akan dimulai dengan periode uji coba yang dilakukan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian, serta lembaga terkait pada 12 Desember 2023 besok.