Debat Pilpres, Ganjar-Mahfud Titik Beratkan HAM Sebagai Asas yang Dijunjung Tinggi

Minggu, 10 Desember 2023 20:44 WIB

Share
Pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.(ahmad tri hawaari)
Pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.(ahmad tri hawaari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Sekretaris TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Hasto Kristiyanto, menegaskan pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menitikberatkan Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai asas yang dijunjung tinggi jika mereka terpilih. 

Hal tersebut ditegaskan Hasto menjawab pertanyaan awak media soal tema debat perdana capres-cawapres yang salah satunya mengangkat tentang isu HAM. 

Menurut Hasto, paslon yang diusung PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura itu berkomitmen menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu secara adil. 

"Dalam programnya Pak Ganjar-Prof Mahfud menjadikan komitmen terhadap HAM sebagai panggilan jiwanya, karena nilai-nilai kemanusiaan sangat penting, mencintai rakyat, mencintai tanah air, itu bagian komitmen yang ditunjukkan," kata Hasto dalam safari politiknya di Serang, Banten, Minggu (10/12/2023). 

Politikus asal Yogyakarta itu menyinggung pasangan capres dan cawapres lain yang dinilainya kurang concern memandang isu HAM. 

Hal itu lantaran paslon tersebut tidak mencantumkan program penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu dalam visi-misinya. 

"Jangan sampai republik ini dipimpin oleh orang yang punya rekam jejak pelanggaran HAM. Apalagi ada paslon yang tidak memasukkan (visi-misi) terkait HAM," ungkapnya. 

Diketahui, Komnas HAM telah menetapkan kasus penculikan dan penghilangan paksa aktivis 1997/1998 sebagai pelanggaran HAM berat. (johara)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar